PDIP Banyumas Optimistis Raih 21 Kursi

BANYUMAS – Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) hari terakhir, tercatat sudah tiga partai yang mendaftarkan calegnya di Kantor KPU Banyumas. Tiga partai tersebut di antaranya, Partai Nasdem yang menjadi partai pertama kali mendaftarkan calegnya, Senin (16/7). Kemudian, Partai Demokrat dan PDI Perjuangan yang mendaftarkan calegnya siang tadi, Selasa (17/7).

Ketua DPC PDIP Banyumas dr Budhi Setiawan menyerahkan berkas pencalonan kepada Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi, di Aula KPU Banyumas, Selasa (17/7). Foto: metrojateng.com

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi menyampaikan, secara umum semua persyaratan pencalonan sudah terpenuhi dan diterbitkan surat tanda terima.

Saat ditanya mengenai calon yang pernah dipidana, Unggul menyatakan, pengecekan sementara dari berkas pencalonan tidak ada calon yang pernah dipidana. “Dari sekilas, para calon tidak ada yang mantan napi,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan Budhi Setiawan mengatakan, pendaftaran calon legislatif yang diusung partainya berjumlah 50 calon. Untuk kuota perempuan, katanya sudah terpenuhi 40 persen. Bahkan, melebihi kuota yang ditentukan.

“Sebenarnya untuk berkas-berkas pencalonan sudah siap dari Sabtu (14/7) lalu. Tapi, karena instruksi DPP daftarnya hari ini yang dilakukan serentak, ya kami laksanakan hari ini,” katanya.

Budhi menambahkan, dari sejumlah bakal caleg yang didaftarkan sudah melalui seleksi dari internal partai. “Kami sangat selektif, jumlah 50 merupakan hasil seleksi internal partai,” katanya.

Budhi menyebutkan, dari 50 caleg yang mendaftar sebagian besar memang pemain lama. Bahkan, ada yang mendaftarkan keempat kalinya.

Namun, dari bursa pencalonan di DPC PDIP Banyumas, tidak tercantum nama Ketua DPRD Banyumas Juli Krisdianto dan Sekretaris Komisi D Shinta Laila. “Juli yang sekarang masih menjabat Ketua DPRD Banyumas mendaftar caleg DPRD Provinsi. Sedangkan, untuk Shinta Laila mendaftar menjadi caleg DPR RI, dan satu lagi Diah Nastiti berencana akan melanjutkan kuliahnya,” katanya.

“Kami menargetkan 21 kursi di DPRD Banyumas. Lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 16 kursi, tapi kami masih mendapatkan 13 kursi,” ujarnya.

“Kami optimis target 21 kursi terpenuhi. Yang jelas, kami berkomitmen tidak akan korupsi dan akan mensejahterakan masyarakat Banyumas. Semua kader siap bertempur,” pungkasnya. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

45 − = 43

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.