PDAM Semarang Tambah Pasokan Air Baku IPA Kudu

SEMARANG – PDAM Kota Semarang akhirnya menambah pasokan air baku ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudu di Kecamatan Genuk. Perusahaan daerah itu melakukannya dari Sungai Dombo di Sayung, Sungai Serang di Gubug, dan beberapa sungai lainnya.

Hendrar Prihadi melakukan sidak di IPA Kudu, Genuk, Senin (7/5). Foto: istimewa

Plt Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Semarang, M Farkhan mengatakan, gangguan aliran air PDAM yang sebelumnya dikeluhkan warga, dikarenakan penurunan debit pasokan air baku ke IPA Kudu yang diambilkan dari Bendung Kletak, Klambu, Kabupaten Grobogan.

’’Karena musim kemarau dan sedang ada pembangunan rehabilitasi saluran di Bendung Klambu oleh Kementerian PUPR. Sehingga, pasokan air baku ke Kudu turun drastis. Dampaknya produksi air juga minim,’’ kata Farkhan, Rabu (9/5).

Dengan menambah pasokan air dari beberapa sungai tersebut, diharapkan ketersediaan air bersih bagi 50.274 pelanggan PDAM di wilayah timur Kota Semarang tetap terpenuhi. Pihaknya telah memasang pompa air berkapasitas besar ke beberapa sungai tersebut.

‘’Dari data kami, hal itu dapat meningkatkan debit pasokan air baku ke IPA Kudu. Dari sebelumnya kapasitasnya 400 liter per detik sehingga banyak pelanggan tidak teraliri, naik menjadi 530 liter per detik,’’ terangnya.

Diakui, kapasitas itu masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan di wilayah timur Semarang yang kebutuhan mencapai 800 liter per detik. Karenanya, selain dari beberapa sungai, pasokan air baku ke IPA Kudu juga ditambah menggunakan 15 truk tangki untuk mengambil air baku dari reservoir Kaligarang.

’’Beberapa wilayah yang nantinya belum bisa terpenuhi dari IPA Kudu, kami ambilkan air dari IPA Kaligarang,’’ tegasnya.

Sementara untuk rehabilitasi Bendung Klambu sendiri, dilakukan Kementerian PUPR sebagai upaya meningkatkan kapasitas produksi air baku di Kudu dari 1.250 per detik menjadi 1.850 per detik. Proyek ini akan dilaksanakan selama 3 tahun sejak 2017. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

35 − = 29

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.