PDAM Kota Semarang Segera Perbaiki Pipa Bocor

Anggaran yang disetorkan ke APBD bisa digunakan untuk melakukan perbaikan semua jaringan yang rusak.

SEMARANG- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Wiwin Subiyono meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal tak hanya fokus mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Diskusi Menjaga Kualitas Air Bersih yang digelar Sekretariat DPRD Kota Semarang di Quest Hotel, Jalan Plampitan, Kota Semarang, Senin (17/09/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

“PDAM harus bisa mengatasi keluhan-keluhan yang selama ini masih banyak disampaikan dari masyarakat terkait kuantitas dan kualitas air. Ini pekerjaan rumah bagi PDAM,” katanya usai diskusi Menjaga Kualitas Air Bersih yang digelar Sekretariat DPRD Kota Semarang di Quest Hotel, Jalan Plampitan, Semarang, Senin (17/09/2018).

Menurut Wiwin, PDAM Tirta Moedal seharusnya tidak memiliki masalah atau kendala untuk memenuhi harapan pelanggan dari sisi anggaran. Nyatanya selama ini sudah bisa menyetor PAD ke Pemkot Semarang.

“Anggaran yang disetorkan ke APBD tersebut, bisa digunakan untuk melakukan perbaikan semua jaringan atau instalasi yang kurang atau rusak. Jadi harus mengutamakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal sebelum berpikir menyetor PAD sesuai target,” katanya.

BACA JUGA: Tingkat Kebocoran Pipa PDAM Kota Semarang Capai 39 persen

Pada tahun ini,PDAM ditargetkan bisa menyetor PAD sejumlah Rp 15 miliar. Namun menurutnya, jika PDAM nantinya tidak bisa memenuhi karena mengutamakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal, dapat disampaikan melalui laporan.

“Kalau memang ada kekurangan anggaran, bisa dibicarakan dengan dewan dan pemkot. Misalkan anggaran yang ada untuk perbaikan jaringan, kan bisa. Supaya utamannya kan pelanggan ini bisa terpenuhi,” tandasnya.

Kepala Bagian (Kabag) Produksi PDAM Tirta Moedal Hari Murti mengatakan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan pada pipa-pipa yang rusak maupun telah usang. Perbaikan infrastruktur itu akan diambilkan dari pendapatan PDAM tahun ini.

“Anggaran perbaikan pipa akan diambilkan dari sebagian PAD yang disetorkan,” katanya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.