Patroli di Hotel, Polisi Sita Hewan Langka Dilindungi

image
Elang Brontok. (Dok suara-alam.com)

SOLO- Empat ekor burung berbagai jenis yang termasuk satwa dilindungi, berhasil disita oleh pihak jajaran Polresta Solo dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, usai melakukan patroli di sejumlah titik, Selasa (17/11) siang. Dari operasi tersebut, dua diantaranya berhasil diamankan di sebuah hotel, yakni Hotel Dana dan Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) serta di kediaman warga. Di lokasi tersebut hewan langka ini dipelihara dengan baik.
 
Keempat ekor burung tersebut, yakni burung elang brontok (nisaetus cirrhatus), burung rangkok papan(buceros bimocis), burung nuri kepala hitam (lorius lory), dan burung nuri bayan (electus roratus).
 
“Setelah kami mendapatkan informasi dari warga sekitar, kami langsung melakukan pengecekan, dan akhirnya benar, ada hewan langka di lokasi tersebut,” jelas AKP Sutoyo Kanit IV Satreskrim Polresta Solo disela kegiatan.
 
Sementara itu salah seorang General Manager (GM) KSPH Sendang Kusumastuti mengaku tak keberatan jika burung elang yang dipeliharanya disita oleh pihak terkait. Malahan ia menceritakan kalau burung elang tersebut datang dengan sendirinya, waktu itu dalam keadaan sakit. Setelah diobati, burung tersebut dipelihara di kawasan hotel tersebut.
 
“Kami masih mencari lokasi yang tepat untuk meletakan burung-burung tersebut, bisa kami letakan di Semarang, namun bisa juga kami titipkan sementara waktu di kawasan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ),” kata Kepala BSKDA Jawa Tengah Wilayah I Solo, Johan Setyawan. (dit)

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 37 = 44

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.