Pastikan Keamanan Pemudik, Anjing Pelacak Dikerahkan di Tanjung Emas

SEMARANG – Sejumlah anjing yang mampu mendeteksi bahan peledak, senjata tajam dan narkotika dikerahkan petugas Unit K9 Shabara Polrestabes Semarang di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (20/6). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan para pemudik yang hendak kembali ke kota perantauannya menggunakan kapal.

Anjing pelacak dikerahkan untuk memeriksa barang bawaan pemudik di Tanjung Emas. Foto: efendi

Anjing berjenis Labrador tersebut sempat mengejutkan para pengunjung pelabuhan. Para pengunjung yang awalnya saling bercengkerama mendadak kaget akibat kedatangan anjing tersebut. Anjing tersebut mengendus barang bawaan para pemudik.

“Kami memang melakukan pengecekan kepada barang bawaan para pemudik di beberapa tempat, salah satunya di Pelabuhan Tanjung Emas ini. Sebenarnya ada sebelas anjing yang kami miliki dengan kemampuan berbeda-beda, yang kami bawa dalam kegiatan kali ini adalah yang memiliki kemampuan mendeteksi bahan peledak, benda tajam, dan satu lagi ¬†mampu mendeteksi narkotika,” ujar Wakasat Sabhara Polrestabes Semarang Kompol Purnomo.

Purnono juga mengatakan, selama Operasi Ketupat Candi 2018 ini, pihaknya mendapat tugas menyisir di beberapa tempat strategis setiap hari. Anjing yang dikerahkan pun berbeda setiap harinya menyesuaikan dengan sasaran.

“Ada beberapa tempat seperti terminal, bandara, pelabuhan, stasiun hingga gereja kami selalu berkeliling setiap hari selama operasi berlangsung, ini merupakan upaya pencegahan dan untuk mendeteksi tindakan yang tidak diinginkan,” jelas Purnomo.

Penyisiran di Pelabuhan Tanjung Emas sendiri berlangsung kurang lebih satu jam. Tak hanya barang bawaan penumpang kapal, setiap sudut di pelabuhan tak luput dari pengecekan menggunakan anjing tersebut.

“Untuk hasilnya tidak ada benda yang mencurigakan yang ditemukan oleh anjing kami, kalau menemukan dia biasanya langsung terduduk dan tidak beranjak,” tukas Purnomo. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.