Pastikan Bidikmisi Tepat Sasaran, Unnes Survei Lapangan

Seleksi penerima beasiswa Bidikmisi akan berlangsung dengan ketat. Tujuannya untuk menghindari adanya kecurangan.

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendapatkan kuota tambahan beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Ristek Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Agar beasiswa tepat sasaran pihak perguruan tinggi melakukan survei langsung ke lapangan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Dr Abdurahman dan tim pengelola Bidikmisi melakukan verifikasi langsung ke rumah calon mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Verifikasi dilakukan dengan mendatangi langsung rumah calon penerima beasiswa oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Dr Abdurahman dan tim pengelola Bidikmisi.

Kunjungan dilakukan ke rumah Desty Amris Khaironisa, calon mahasiswa Managemen Fakultas Ekonomi di Sumur Jurang Semarang. Tim pun disambut Sumeri dan Suharmi orang tua dari Desty.

“Pekerjaan bapak selama ini apa?” tanya Abdurahman.

“Saya bekerja di SMA 2 Ungaran Pak, sebagai penjaga malam Pak,” jawab Sumeri .

“Cukupkah pendapatan bapak untuk membiayai kuliah putra bapak?” tanya kembali wakil rektor.

“Ya tidak Pak, untuk kehidupan sehari-hari saja kami kesulitan. Kami berharap Desty mendapatkan beasiswa Bidikmisi,” jawab Sumeri.

Kemudian, Abdurahman menjelaskan, khusus peserta Bisikmisi pihaknya mendatangkan tim untuk verifikasi ke rumah masing-masing pendaftar untuk mengetahui langsung dan melihat keadaan ekonomi keluarganya. Apakah benar-benar tergolong keluarga tidak mampu dan berhak mendapatkan beasiswa atau tidak.

“Seleksi penerima beasiswa Bidikmisi akan berlangsung dengan ketat. Tujuannya untuk menghindari adanya kecurangan dan agar beasiswa jatuh kepada siswa yang benar-benar berhak mendapatkannya,” tuturnya.

Sebab, lanjut dia, jika ada yang terbukti memanipulasi data seperti kartu keterangan tidak mampu yang sengaja dibuat sedangkan sebenarnya termasuk keluarga berkecukupan, itu akan dibatalkan status penerima Bidikmisi dan calon mahasiswa wajib membayar biaya kuliah seperti yang lain.

Pada tahun 2019 ini Unnes mendapat tambahan kuota beasiswa Bidikmisi sebanyak 1.420 peserta.

“Kami akan pastikan kuota Bidikmisi tepat sasaran dan kami utamakan mereka yang berprestasi serta dari keluarga tidak mampu,” kata staf Ahli Bidang Kemahasiswaan, Tomi Yuniawan. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.