Pasokan Elpiji 3 Kg Tambah 30 Ribu Tabung, Harga Eceran di Jepara Normal

Pada bulan April alokasi elpiji di Jepara sebanyak 765.520 tabung dengan tambahan fluktuatif sebanyak 15.120 tabung atau setara 2 persen.

JEPARAGuna memenuhi kebutuhan di Bulan Ramadan, pasokan elpiji 3 kilogram di Kabupaten Jepara ditambah sekitar 30 ribu tabung. Sejauh ini, harga elpiji bersubsidi di tingkat pengecer relatif normal.

Pasokan elpiji 3 kilogram di Jepara aman sampai Lebaran. Foto: metrojateng.com

 

 

Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi menuturkan bahwa ada penambahan pasokan elpiji melon untuk Kabupaten Jepara. Pada bulan April alokasi elpiji di Jepara sebanyak 765.520 tabung dengan tambahan fluktuatif sebanyak 15.120 tabung atau setara 2 persen.

Jumlah itu masih ditunjang dengan tambahan fluktuatif sebanyak 29.680 tabung, setara dengan 3,7 persen dari alokasi reguler.

“Pada bulan Mei alokasi reguler tersebut ditambah sehingga menjadi 795.200 tabung,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Bupati, Jumat (24/5/2019).

Menurut Andi, penambahan ini diharapkan dapat mengantisipasi kelangkaan barang tersebut. Elpiji 3 kilogram bukan satu-satunya komoditas yang diantisipasi ketersediaan, diatribusi, dan harganya. 

“Kami terus melakukan pemantauan kondisi pasar untuk memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi,” imbuhnya.

Antisipasi juga terkait upaya menekan kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat, dan keamanan distribusinya. Setidaknya, Andi bersama jajaran terkait telah tiga kali mengunjungi sejumlah pasar tradisional di Jepara.

“Kami juga menggelar pasar murah. Untuk tingkat kabupaten pada 22 Mei, dan tingkat kecamatan diagendakan tanggal 22 Mei sampai 25 Mei,” tuturnya.

Wiyoto (60), seorang pengecer elpiji 3 kilogram di wilayah Welahan mengatakan bahwa harga elipiji masih relatif normal. “Harga elpiji 3 kilogram normal, ya berkisar Rp 20 ribu sampai Rp 23 ribu per tabung,” katanya.

Ia berharap ketersediaan elpiji 3 kilogram aman hingga lebaran. “Ini kan banyak kebutuhan, apalagi yang mengembangkan usaha kuliner atau pembuat jajanan lebaran. Harapannya harga dan ketersediaan aman,” ungkapnya. (MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.