Pascabanjir Bandang, Pos Pendakian Gunung Prau Ditutup

Warga Purwosari bergotongroyong membersihkan rumahnya dari material lumpur dan kayu yang terbawa saat banjir bandang.menerjang
?

KENDAL – Pasca banjir bandang di Desa  Purwosari Kecamatan Sukorejo Kendal,  jalur pendakian gunung prau untuk sementara ditutup. Penutupan jalur pendakian lewat Purwosari karena rawan diterjang banjir bandang. Kawasan hutan dipuncak Gunung Prau yang gundul, diduga menjadi penyebab banjir bandang yang menerjang pemukiman di lereng gunung.

Pos pendakian Gunung Prau di Dusun Kenjuran Desa Purwosari Sukorejo Kendal  ini rusak parah akibat diterjang banjir bandang yang terjadi minggu lalu. Sejumlah relawan dan pelajar nampak masih membersihkan sisa lumpur, yang mengendap di dalam pos pendakian Gunung Prau ini.

Penjaga Gunung Prau, Mbah Basri mengatakan banjir bandang yang terjadi minggu lalu disebabkan kawasan hutan di atas gunung  yang gundul. Sehingga air dari Curug Sawo dan Curug Mati meluap dan membawa material batu lumpur dan pohon.

Kemungkinan memang diatas gundul jadi saat hujan deras tidak bisa terserap airnya langsung turun ke bawah, katanya.

Mbah Basri menambahkan, untuk sementara jalur pendakian ke Gunung Prau yang melewati pos pengamatan Desa Purwosari ditutup. Penutupan dilakukan selama tiga bulan ke depan mengantisipasi kejadian serupa. Kita tutup selama tiga bulan tidak bolek naik, namun untuk aksi penanaman pohon di lereng gunung masih diijinkan dengan pengawalan sejumlah relawan, imbuhnya.

Akibat banjir bandang ini, sumber air di lereng Gunung Prau banyak yang rusak. Sejumlah pipa milik warga juga rusak, akibat terjangan banjir bandang sehingga kini kesulitan mendapatkan air bersih. Hingga Rabu (01/01) pagi warga masih mengais sisa banjir bandang dan membutuhkan material bangunan untuk kembali membangun rumahnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 65 = 71

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.