Pasar Takjil Jayengan, Jujukan Warga Sebelum Berbuka Puasa

Aneka makanan, mulai dari kolak, es buah, jajan tradisional hingga makanan kekinian tersedia di pasar ini.

SOLO – Mencari takjil untuk berbuka puasa, tak ada salahnya Anda mencoba datang ke Jayengan, Solo. Di tempat ini ada Pasar Takjil Jayengan yang hanya buka saat Ramadan tiba.

Suasana Pasar Takjil Jayengan di Kecamatan Serengan Solo. Foto: metrojateng.com

Pasar yang berlokasi di tepi Jalan Gatot Subroto, Solo ini selalu ramai dikunjungi masyarakat yang mencari makanan untuk berbuka puasa. Aneka makanan, mulai dari kolak, es buah, jajan tradisional hingga makanan kekinian tersedia di pasar ini.

Pasar ini biasanya mulai ramai pada pukul 16.00 hingga selesai azan magrib. Para penjual kebanyakan adalah warga setempat yang ingin mencari tambahan rezeki di bulan Ramadan.

Ketua Panitia Pasar Takjil Jayengan, Khaeriyah mengatakan sebenarnya pasar ini sudah ada setiap kali bulan puasa. Namun pada tahun ini diperkenalkan kepada masyarakat dan diberi nama sebagai ‘Pasar Takjil Jayengan’ Dinas Kebudayaan Kota Solo.

“Pasar Takjil ini hasil dari kerajinan ibu-ibu Jayengan dan memang setiap tahun saat bulan Ramadan ada pasar takjil di sini,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa (7/5/2019).

Kelengkapan makanan yang disediakan menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke sini. Dengan harga yang ramah di kantong, yakni mulai dari Rp 1.000 hingga Rp15.000, membuat pasar ini selalu menjadi jujukan masyarakat untuk berbuka.

Salah seorang pembeli, asal Kecamatan Jebres, Eka Ramdani (22) mengaku setiap tahun selalu mencari menu berbuka di Pasar Takjil. Menurutnya, makanan yang disediakan beragam dan harganya juga terjangkau.

“Saya kan anak kos, jadi kalau beli di sini senang murah, dan juga sekalian beli buat makan sahur juga,” ujarnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.