Partai Politik Bersiap Songsong Pilkada Semarang 2020

Gerindra dan PDIP telah melakukan ‘ancang-ancang’ strategi politik untuk bersiap dalam pertarungan Pilkada di Kota Semarang.

SEMARANG – Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang tahun 2020 sejumlah partai politik (parpol) mulai mempersiapkan diri. Di antaranya Partai Gerindra Kota Semarang yang menyatakan membuka komunikasi dengan siapapun.

Ilustrasi

Partai berlambang kepala burung garuda ini menyatakan siap membuka komunikasi dengan semua kalangan khususnya partai politik lain, sebagai langkah politik menjelang Pilkada 2020.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengatakan, pihaknya memang belum menentukan siapa bakal calon yang akan diusung di Pilkada nanti. Hal itu membutuhkan komunikasi yang intensif dengan partai lain dalam koalisi.

Apalagi, pihaknya menyadari, bahwa di Pilkada 2020 nanti partainya harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

‘’Karena itu, yang terpenting sekarang adalah tentu kesolidan di internal partai. Kami berharap setelah Pilpres, kader Gerindra Kota Semarang semakin solid, sehingga untuk menyongsong Pilkada kita benar-benar siap,’’ katanya, Selasa (2/7/2019).

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang ini juga mengharapkan, kadernya yang terpilih menjadi anggota DPRD Kota Semarang di Pileg 2019 kemarin, bisa tetap menjaga ideologi partai, dan amanah kepada masyarakat yang menjadi konsituennya.

Sementara itu, DPC PDI Perjuangan Kota Semarang sebelumnya dalam Rapat Kerja Cabang Diperluas di Panti Marhaen juga telah kembali menetapkan Hendrar Prihadi sebagai ketua DPC.

Selama dipimpin pria yang akrab disapa Hendi dan juga menjabat sebagai Wali Kota Semarang itu, partai berlambang banteng moncong putih ini dinilai berhasil kembali meraih masa jayanya.

Pada Pemuli 2014, Hendi berhasil membawa PDI Perjuangan kembali meraih suara mayoritas dengan raihan 15 kursi DPRD Kota Semarang. Sedangkan pada Pemilu 2019 bahkan bertambah menjadi 19 dari 50 kursi di DPRD.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Kadarlusman mengungkapkan, keputusan memilih kembali Hendi sebagai ketua tersebut, adalah sebagai representasi sikap tegak lurus.

‘’Jadi untuk PDIP di Kota Semarang kami mengusung Mas Hendi, kemudian di Jawa Tengah kami mengusung Mas Bambang Patjul, dan untuk DPP pada kongres V besok di Bali kami tegak lurus mendukung penetapan kembali Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDI Perjuangan,’’ katanya. (duh)

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.