Pajak 30 Juta Kendaraan di Indonesia Tak Dibayar

Terobosan Samsat Online

Jumlah kendaraan di seluruh Indonesia yang tercatat Korlantas mencapai 130 juta unit, 80 persen diantaranya merupakan kendaraan roda dua.

SEMARANG – Sekitar 30 persen kendaraan bermotor dari semua yang terdaftar di kepolisian tidak memenuhi kewajiban pajak. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri dalam diskusi tentang “Fungsi Registrasi Identifikasi Kendaraan Bermotor Dalam Road Safety dan Penegakan Hukumnya” yang digelar di Hotel Patrajasa, Semarang, Rabu (21/11/2018).

pajak kendaraan
Diskusi “Fungsi Registrasi Identifikasi Kendaraan Bermotor Dalam Road Safety dan Penegakan Hukumnya” yang digelar di Hotel Patrajasa, Semarang, Rabu (21/11/2018). (foto: istimewa)

“Jumlahnya mendekati 30 persen, itu mencapai 30 juta lebih kendaraan,” kata Refdi. Refdi juga mengatakan, jumlah kendaraan di seluruh Indonesia yang tercatat di Korlantas mencapai 130 juta unit. Dari ratusan juta kendaraan tersebut, 80 persen diantaranya merupakan kendaraan roda dua.

Kendaraan kendaraan bermotor memang mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi. Namun menurut Refdi, hal tersebut tidak dibarengi dengan kepatuhan membayar pajak. “Sejumlah upaya dan terobosan telah dilakukan Polri untuk memudahkan pemilik kendaraan dalam melaksanakam kewajiban membayar pajak,” kata Refdi.

Beberapa trobosan tersebut seperti Samsat Online di 24 Polda di Indonesia. Refdi menyebut hanya di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua yang kini masih belum masuk dalam sistem online. “Semua kemudahan dan terobosan kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Refdi. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.