Over Kapasitas, Sampah Menumpuk di Dekat Terminal Kartasura

Dulu awalnya difungsikan untuk menampung sampah dari Pasar Kartasura, tapi sekarang seperti tempat sampah umum

SUKOHARJOTempat Pembuangan Sampah (TPS) di dekat Terminal Kartasura kini sudah kelebihan kapasitas. Sampah tak semuanya bisa tertampung dan meluber sampai pintu masuk terminal.

Tumpukan sampah di dekat Terminal Kartasura dikeluhkan warga. Foto: metrojateng.com

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah DLH Sukoharjo, Dwi Yulianto mengatakan sampah yang dibuang di TPS itu banyak yang berasal dari wilayah Kartasura, bahkan juga luar wilayah Kabupaten Sukoharjo. TPS yang hanya berukuran sekitar 6×10 meter tersebut semula berfungsi untuk menampung sampah dari Pasar Kartasura saja.

“Dulu awalnya difungsikan untuk menampung sampah dari Pasar Kartasura, tapi sekarang seperti tempat sampah umum,” kata dia, Minggu (17/3/2019).

Karena sudah over kapasitas, tumpukan sampah meluber sampai pintu Terminal Kartasura. “Itu tidak cukup dan tidak sebanding dengan pembuangan sampah dari warga, bahkan sampahnya sudah hampir sampai di pintu terminal,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala DLH Sukoharjo, Agus Suprapto mengatakan TPS Kartasura sempat akan ditutup. Tapi DLH masih melakukan kajian dan mencari alternatif untuk TPS Kartasura tersebut.

“Kami sempat mendapat keluhan soal TPS itu, dan sempat akan menutup tapi kami tahan dulu,” ujarnya. (MJ-28)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.