Over Kapasitas, Gedung Berlian Harus Direnovasi

SEMARANG – Kalangan DPRD Jawa Tengah mengeluhkan kapasitas gedung berlian yang semakin membengkak. Sekretaris DPRD Jateng, Indra Surya mengatakan gedung berlian setinggi lima lantai sudah tidak memenuhi standar yang memadai.

Gedung DPRD Jateng

Ia mengungkapkan dari daya tampung awal untuk 100 anggota dewan, pada tahun depan jumlahnya pasti bertambah jadi 120 orang.

“Karena setelah Pileg 2019, jumlah anggota dewan bertambah. Dari 100 orang menjadi 120 orang. Ini saja sudah umpel-umpelan,” terangnya, Kamis (5/7).

Ia menjelaskan rencana renovasi gedung berlian sejak lama masih menggantung. Rencana pembangunan itu sudah sampai tahap detail engineering design (DED). Bahkan sudah dibuat maket dan dipajang di lobi DPRD. Total kebutuhan dananya mencapai Rp 13 miliar.

“Jadi ada ruang komisi, ada ruang khusus anggota dewan. Kalau sekarang kan hanya ruang komisi saja, tidak ada ruangan khusus anggota dewan,” cetusnya.

Walau begitu, rencana itu kandas lantaran ditolak oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Alasannya karena tidak ada anggaran.

Untuk saat ini, pihaknua kembali mengusulkan proyek renovasi gedung berlian lagi. Sejauh ini belum ada konsep penambahan ruangnya.

Kebutuhan anggarannya pun bisa dipastikan jauh lebih tinggi dari rencana awal. Pasalnya, nilai rupiah sudah berubah. Harga-harga material bangunan pun beda. Termasuk peralatan kantor seperti meja, kursi, dan lain sebagainya.

“Ke depan akan dihitung lagi dengan harga sekarang. Rencananya akan diusulkan lewat anggaran murni tahun 2019. Nanti lihat dulu, regulasinya seperti apa,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

76 − 68 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.