Operasi Mantab Brata Dimulai, Kapolda Jateng Ingatkan Netralitas Polri

Pengamanan juga melibatkan Linmas Pemda sebanyak 2 personel tiap TPS saat pelaksanaan Pemilu

SEMARANG – Guna mengamankan jalannya Pemilihan Umum 2019, Polri melaksanakan Operasi Mantab Brata. Kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan mulai hari ini, Rabu (19/9/2018) hingga 21 Oktober 2019.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono memeriksa pasukan dalam persiapan pelaksanaan Operasi Mantab Brata di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Rabu (19/9/2018). Foto: metrojateng.com/efendi

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, dalam operasi ini pihaknya mengerahkan sekitar 21.980 personel. Selain itu juga ditambah dengan TNI sebanyak kurang lebih 9.000 personel.

“Operasi ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan keamanan, kesejukan dan kedamaian dalam tahapan Pileg dan Pilpres 2019. Selain Polri dan TNI, nantinya juga ada pengamanan dari Linmas Pemda sebanyak 2 personel tiap TPS saat pelaksanaan Pemilu,” ujar Condro usai memimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap tempat terjadinya aksi-aksi yang meresahkan selama jalannya proses pemilu. Salah satunya di media sosial. Menurutnya, di media sosial akan banyak kabar-kabar yang meresahkan sehingga memicu konflik.

“Kerawanan itu kami sudah memetakan, utamanya di masa kampanye yang cukup panjang ini ada di media sosial. Bisa ada kampanye hitam, gangguan masyarakat bisa ditarik jadi isu sara, dan sebagainya,” imbuh Condro.

Tak hanya itu, dalam pelaksanaan pemilu nanti pihak Kepolisian serta TNI dituntut untuk menjaga netralitas. Bahkan ada sanksi tegas jika nantinya ada yang kedapatan melanggar.

“TNI, Polri dan penyelenggara¬† pemilu, kita sama-sama berkomitmen ikrar menjaga netralitas, karena kita harus berdiri di semua golongan dan elemen masyarakat. Dari kepolisian jika nantinya ada yang melanggar bisa dikenakan kode etik disiplin bahkan lepas jabatan,” pungkas Condro. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.