Notaris Berkontribusi bagi Kemajuan Semarang

Para notaris secara transparan membayar pajak sesuai nilai jual objek pajak atau NJOP.

SEMARANG- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyatakan, keberadaan notaris atau pejabat pembuat akta tanah telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kemajuan Kota Semarang.

Wali Kota Hendi pada acara peresmian kantor sekretariat Pengurus Wilayah IPPAT Jateng di Ruko Gatot Subroto Plaza Kav 20 Semarang, Kamis (15/11/2018). Foto: Masrukhin Abduh

Menurut Hendi, sapaan akrab Wali Kota, saat ini sumber pembiayaan di Semarang banyak ditunjang oleh para notaris. Yaitu dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang merupakan pajak atau pungutan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan.

“Buktinya data dari BPKAD dan Bapenda menunjukan target pencapaian pajak pembelian tanah pada tahun 2017 mencapai Rp 320 miliar, namun realisasinya ternyata mencapai Rp 417 miliar. Terjadi kenaikan sekitar Rp 97 miliar atau 23 persen dari Pendapatan Asli Daerah Kota Semarang,” ungkapnya, saat meresmikan kantor sekretariat Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Jawa Tengah di Ruko Gatot Subroto Plaza Kav 20 Semarang, Kamis (15/11/2018).

Diungkapkan, hal itu terjadi karena para notaris secara transparan membayar pajak sesuai nilai jual objek pajak atau NJOP.

“Dari jual beli tanah yang menjadi aktivitas para notaris tersebut kenyataannya mampu mendukung program pembangunan di Kota Semarang. Dengan ini saya optimis akan banyak kemajuan di Kota ini karena peran dari para notaris,” lanjutnya.

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi saat ini, pihaknya berencana akan menciptakan sebuah aplikasi yang diharapkan dapat memudahkan notaris untuk melihat berapa NJOP di masing-masing bidang di Kota Semarang.

“Mohon doa dan dukungannya, saat ini masih dalam proses. Semoga ini dapat bermanfaat karena merupakan bagian dari komitmen kami untuk mempermudah pelayanan pemerintah untuk warga Semarang,” katanya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat karena para notaris Jawa Tengah telah memiliki kantor sekretariat. Ke depan diharapkan hubungan antara pemerintah kota dengan Ikatan notaris ini dapat semakin harmonis. (duh)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.