Nobar Piala Dunia di Tempat Umum Harus Izin Pestabola

SEMARANG – Dalam gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, PT Pestabola Indonesia mendapat mandat dari FIFA untuk memberikan izin kepada komunitas atau korporasi yang ingin mengadakan acara nonton bareng (nobar) Piala Dunia 2018 di tempat komersil atau umum. Saat ini PT Pestabola adalah satu-satunya badan yang resmi dari FIFA untuk hak izin penayangan.

Sosialisasi penayangan Piala Dunia 2018 dari PT Pestabola Indonesia di Hotel Dafam Semarang, Jumat (13/4). Foto: ade lukmono

Perwakilan PT Pestabola Indonesia, Pongky Rivawanto tempat yang dimaksud antara lain area Food and Beverage, Lounge, Kelab, Ballroom, Artium, lapangan parkir, stadion kamar hotel dan lain-lain.

“Jika digelar oleh komunitas yang tidak komersil, seperti di halaman rumah, pos kampling dan tempat terbatas lainnya tidak masalah jika tidak izin. Terlebih lagi acara nonton bersama terbatas tersebut tidak bersponsor,” katanya, Jumat (13/4).

Dia menambahkan, tempat yang didaftarkan harus detail. Tidak boleh hanya mencantumkan nama hotel, namun bagian spesifik dari hotel tersebut, seperti di Lounge, Ballroom atau tempat lainnya dan tidak boleh membuka HTM. Registrasi dan pembayaran dilakukan secara online.

Jika timnya mendapati adanya nonton bersama Piala Dunia 2018 secara ilegal, pihaknya tidak akan segan melaporkan penyelenggara ke pihak berwajib.

“Oleh karena itu, kami lakukan sosialisasi agar berbagai pihak yang biasa menggelar nonton bersama, seperti hotel, restoran dan lain-lain bisa terhindar dari pelanggaran dan sanksi,” ungkapnya.

Pongky memprediksi, penonton Piala Dunia 2018 akan meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan zona waktu Rusia dan Indonesia tidak terlalu jauh berbeda. Kick Off rata-rata dimulai pada pukul 17.00, 19.00, 21.00 dan 01.00. (ade)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.