Nikmatnya Kesegaran Es Lontrong Slawi untuk Berbuka Puasa

Es lontrong merupakan perpaduan antara es serut, agar-agar, kacang hijau, roti tawar, sirup merah dan santan.

TEGAL – Es Lontrong merupakan salah satu kuliner favorit yang ada di daerah Slawi, Kabupaten Tegal. Konon, es ini tidak dijumpai di kota lain. Karena kesegarannya, es lontrong banyak diburu warga untuk melengkapi menu berbuka puasa.

Penjual membungkus es lontrong untuk menu berbuka puasa para pembeli di rumah. Foto : metrojateng.com/ adithya

Es lontrong merupakan perpaduan antara es serut, agar-agar, kacang hijau, roti tawar, sirup merah dan santan. Kacang hijau yang merekah dicampur bersama irisan agar-agar, serasa menyatu dilidah saat diseruput dan dikunyah, sehingga menimbulkan sensasi kesegaran yang luar biasa.

Karena kesegarannya yang tiada tara, es lontrong menjadi kuliner favorit untuk melengkapi menu berbuka puasa. Penjual es lontrong yang sudah cukup terkenal berada di Gang Budi Mulya, Slawi, Kabupaten Tegal. Setiap sore menjelang waktu magrib, para pembeli sudah terlihat mengantre.

Biasanya, pembeli menyantap es lontrong ditempat yang sudah disediakan oleh penjual. Namun, selama puasa Ramadan, warga lebih banyak yang membungkus untuk menu berbuka puasa di rumah. Menurut sejumlah pembeli, dibanding es campur, es lontrong jauh lebih segar dan gurih karena ada campuran santan dan kacang hijau.

“Satu-satunya di Slawi dan tidak ada di daerah lain. Saya sudah berlangganan sejak masih duduk di bangku SMA. Hingga menikah pun saya masih berlangganan,” tutur penggemar es lontrong, Lugi kepada metrojateng.com.

Harga satu porsi es lontrong relatif murah, yakni hanya empat ribu rupiah per porsi. Nama es lontrong sendiri diambil dari lokasi tempat penjualnya yang berada di lontrong atau dalam Bahasa Indonesia disebut gang. Konon, es lontrong Slawi ini merupakan legenda es di Tegal yang tidak dijumpai di tempat lain. (MJ-10)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.