Niatnya Membela Diri, Suyanti Kini jadi Tersangka

Pembunuhan Juragan Jenang

Penetapan tersangka tersebut melalui proses yang cukup lama. Selain kondisi kesehatan Suyanti, penyidik juga harus meminta pendapat ahli.

SUKOHARJO – Kasus pembunuhan Mujiman menapak babak baru. Satuan Reskrim Polres Sukoharjo akhirnya menetapkan Suyanti sebagai tersangka dalam kasus kematian juragan jenang asal Weru itu yang ditemukan bersimbah darah di dalam mobilnya, 2 Januari 2019 silam.

Polisi menunjukkan barang bukti kasus penganiayaan yang menewaskan Mujiman, juragan jenang asal Weru Sukoharjo. Foto: metrojateng.com

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi menjelaskan, penetapan tersangka tersebut melalui proses yang cukup lama. Selain kondisi kesehatan Suyanti, penyidik juga harus meminta pendapat ahli.

“Hasil penyelidikan kami menetapkan S sebagai tersangka atas meninggalnya M. Beberapa hari lalu kami sampaikan prosesnya membutuhkan waktu karena S ini menderita luka cukup parah,” kata Iwan saat gelar perkara di Mapolres Sukoharjo, Jumat (8/3/2019).

Dalam kasus ini, Polres Sukoharjo tidak melakukan penahanan terhadap Suyanti. “Kami tidak melakukan penahanan saudara S, dan saudara S berada pada pantauan kami, sekarang berada di rumah,” ucap Iwan.

BACA JUGA: Cerita Saksi Pembunuhan Mujiman, Dipukul Palu dan Dianiaya di Dalam Mobil

Dilanjutkan Iwan, kasus penganiayaan yang menewaskan Mujiman tersebut berlatar belakang utang piutang. Mujiman dan Suyanti terlibat keributan di dalam mobil, Rabu (2/1) silam.

Dari pengakuan Suyanti sebelumnya, dirinya berusaha membela diri setelah sempat dipukul korban menggunakan palu. Keduanya berkelahi di dalam mobil Toyota Kijang Nopol AB 1254 GD milik Mujiman saat melintas di Jalan Raya Watukelir-Cawas, Sukoharjo.

Suyanti berhasil keluar dari mobil tersebut dengan kondisi luka parah. Sedangkan Mujiman ditemukan tak bernyawa. 

“Pasal yang disangkakan adalah 338 KUHP. Untuk kewenangan selanjutnya ada pada hakim, akan diputuskan apakah S terbukti bersalah atau tidak,” kata kapolres. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.