Nelayan Pati Hilang Ditelan Ombak

Dari delapan nelayan, ada tujuh selamat dan satu hilang

SEMARANG – Seorang nelayan kapal cantrang hilang di perairan Banyutowo Pati, setelah kapal yang ditumpanginya pecah akibat diterjang ombak. Regu penolong gabungan mendapati informasi tersebut pada pukul 06.30 WIB, Sabtu (15/9/2018).

Tim SAR bersiap melakukan pencarian seorang nelayan Pati yang hilang digulung ombak, Sabtu (15/9/2018). Foto: metrojateng.com/istimewa

Whisnu Yugo Utomo, Koordinataor Basarnas Pos SAR Jepara menyatakan kapal cantrang yang ditelan ombak Perairan Banyutowo tersebut bernama kapal “Nusantara”.

Semula ia mendapati laporan bahwa ada delapan anak buah kapal yang naik kapal tersebut dan bertolak dari Pati pukul 03.00 WIB dini hari.

Namun, nasib naas menimpa para kru kapal. Saat kapal cantrang itu melepaskan jaringnya yang kedua pukul 06.30 WIB di Perairan Banyutowo, secara tak terduga gulungan ombak besar menerjang kapal itu.

Akibatnya, kapalnya pecah dan tenggelam. “Dari delapan nelayan, ada tujuh selamat dan satu hilang,” katanya.

Nelayan yang raib diketahui bernama Surip (51), warga Desa Kedawung Dukuhseti Pati.

Enam ABK lainnya berhasil lolos dari maut. Mereka selamat setelah ditolong oleh kapal cantrang Madona milik Kamirun (50) asal Dukuhseti. Untuk
Satu ABK berhasil menyelamatkan diri dan ditolong kapal cantrang Mawar milik Agung asal Banyutowo.

“Basarnas pos SAR Jepara dan tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD, Polair, RAPI Pati, Polsek, Koramil, dan warga sekitar Dukuhseti telah melakukan pencarian dengan menggunakan rubber boat dengan metode Penyisiran di arae TKP menuju ke Timur kurang lebih Tiga Kilometer namun hingga petang ini belum membuahkan hasil,” jelasnya.

Menurut Whisnu para nelayan yang selamat masih belum siuman. Mereka sudah dievakuasi ke RSI Margoyoso Pati.

Whisnu menyebut tinggi ombak Perairan Banyutowo sementara ini terpantau 0,5 sampai 1,5 meter. Cuacanya berawan dengan arah angin dari timur laut menuju tenggara dengan kecepatan 4 sampai 15 knots. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.