Natal dan Tahun Baru, Petugas PLN Tak Libur

Petugas pelayanan teknik siaga 24 jam mengingat kondisi cuaca yang sering hujan disertai angin kencang.

SEMARANG- Menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang mengadakan apel gelar pasukan dan peralatan. Kegiatan yang diikuti
tidak kurang dari 130 peserta apel ini dilakukan di Gudang Krapyak, Kamis (20/12/2018).

Petugas pelayanan teknis (Yantek) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang melaksanakan apel siaga sambut momen Natal dan Tahun Baru 2019 di Gudang Krapyak, Kota Semarang, Kamis (20/12/2018). Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita

Adapun, peserta apel terdiri dari pegawai teknik, petugas Pelayanan Teknik (Yantek) dari 7 Unit Layanan Pelanggan (ULP), dan Vendor Pemeliharaan Jaringan.

Manager PLN UP3 Semarang, Donny Adriansyah mengatakan, selama momen Natal dan Tahun Baru 2019 pihaknya berkomitmen untuk terus menjaga keandalan pasokan listrik, khususnya bagi pelanggan di Kota Semarang dan Kabupaten Kendal.

“Petugas Yantek harus siaga selama 24 jam dalam menjaga pasokan listrik, mengingat kondisi cuaca yang sering hujan disertai angin kencang. Segera lakukan mitigasi dengan mengamankan jarak bebas jaringan listrik,” katanya.

Ditambahkan, jika ada gangguan, para petugas PLN diharapkan segera melakukan pemulihan agar listrik pelanggan cepat menyala kembali. Namun begitu, dalam bekerja petugas harus tetap patuh terhadap prosedur kerja dan mengikuti kaidah Keselamatan Kesehatan Kerja (K3).

“Manajemen sudah menyediakan peralatan kerja dan Alat Pelindung Diri (APD) yang layak dan lengkap, dan diharapkan petugas taat menggunakannya agar bekerja menjadi lebih optimal dan aman,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam masa kesiagaan ini, kegiatan pemeliharaan jaringan listrik tetap berjalan. Namun demikian, PLN akan mengoptimalkan tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

“Dengan menggunakan tim PDKB, pekerjaan pemeliharaan jaringan masih dapat dilakukan tanpa memadamkan aliran listrik ke pelanggan. Sedangkan saat ini sudah ada 4 regu PDKB yang siap melayani pelanggan,” ungkapnya.

Sementara, selain apel gelar pasukan juga dilakukan pemeriksaan peralatan kerja dan APD pada 13 Armada Mobil Yantek, 14 Armada Motor Unit Respon Cepat (URC) Yantek, 3 Armada Truk Vendor Pemeliharaan Jaringan, serta 2 Armada Truk PDKB.

Peralatan kerja yang tidak lengkap dan APD yang rusak, harus segera diganti demi menunjang kinerja dan keselamatan petugas Yantek. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.