Natal dan Tahun Baru, Pertamina Tambah Pasokan BBM

Konsumsi gasoil diperkirakan menurun, karena operasional angkutan barang dibatasi.

SEMARANG- Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY siap mengamankan pasokan bahan bakar minyak (BBM) hingga Elpiji selama Natal dan Tahun Baru 2019.

Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita
Mobil tangki BBM milik Pertamina mengisi Avtur ke Pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Pada libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pertamina menambah stok BBM termasuk Avtur.

Untuk melakukan tugas tersebut Pertamina membentuk satuan petugas (satgas) mulai 18 Desember 2018-8 Januari 2019.

General Manager Pertamina MOR IV, Tengku Fernanda mengatakan, pihaknya akan memperkuat ketahanan distribusi BBM dan Elpiji seperti mengamankan stok dan suplai di Terminal BBM dan Depot Elpiji Pertamina.

Kemudian, memperkuat layanan BBM dan Elpiji di lembaga penyalur serta memberikan layanan di tempat yang rawan dengan kepadatan.

“Meski menambah stok di sejumlah jenis BBM, namun untuk produk jenis Gasoil di wilayah Jateng diprediksi turun 5 persen dari rata-rata harian sebesar 6.059 KL menjadi 5.778 KL yang dipengaruhi penurunan operasional angkutan barang akibat libur,” kata Fernanda, Senin (17/12/2018).

Dia melanjutkan, stok BBM dan Elpiji di wilayah Jawa Tengah dan DIY ditambah. Untuk BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) di Jawa Tengah tambah stok 11 persen dari rata-rata normal perhari 10.561 Kiloliter (KL) yang naik menjadi 11.754 KL.

Kemudian, konsumsi Elpiji di wilayah Jateng pihaknya menambah, stok 10 persen menjadi 3.511 Metriks Ton (MT) dibanding rata-rata normal perhari yaitu 3.206 MT.

BBM Jenis Avtur, katanya, Pertamina menambah stok 7 persen dari rata-rata konsumsi normal yaitu dari 480 KL menjadi 514 KL untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Jawa Tengah dan DIY saat libur Natal dan Tahun Baru 2019. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.