Nasdem, Partai Pertama yang Daftarkan Calegnya

BANYUMAS – Partai Nasional Demokrat (Nasdem), siang tadi Senin (16/7) telah mendaftarkan seluruh Bakal Calon Legislatifnya (Bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas. Partai Nasdem merupakan partai yang pertama kali mendaftarkan Bacalegnya dalam kontestasi Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

pendaftaran caleg
Ketua DPD Nasional Demokrat (Nasdem) Suprayogi menyerahkan berkas pencalonan kepada Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi, di Aula KPU Banyumas, Senin (16/7). (foto: metrojateng/MJ-27)

Ketua KPU Banyumas, Unggul Warsiadi mengatakan selain ketua dan sekretaris partai, Nasdem bacaleg yang diusung dari Partai Nasdem juga dihadiri sejumlah kader dan pengurus partai. “Mereka datang ke KPU sekitar pukul 14.30 wib. Partai Nasdem merupakan partai pertama yang mendaftarkan bacalegnya,” katanya.

Unggul menyebutkan, prinsipnya ada enam ponint yang harus dipenuhi oleh bacaleg dari partai. Diantaranya, surat pencalonan dari partai, pemenuhan kuota perempuan sebanyak 30 persen, jika belum dipenuhi 30 persen tidak akan diterima. “Surat keputusan dari masing-masing DPP partai yang dilegalisir, surat keterangan bebas narkoba, belum atau sudah dipidana, surat keterangan sehat fisik maupun jiwa dari dokter, Jika semua sudah dipenuhi, kami akan terbitkan surat tanda terima,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, setelah menerima semua berkas dari partai KPU akan melakukan verifikasi dokumen pencalonan. “Verifikasi akan dilakukan hanya pada tanggal 18 Juli saja, karena tanggal 19 Julinya harus diberitahukan ke partai berkas lolos atau tidak. Jika masih ada yang kurang, kami batasi waktu melengkapi dari 22 hingga 31 Juli,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Suprayogi mengatakan untuk penyerahan berkas memang merupakan instruksi dari DPP agar dilakukan pada hari in, Senin (16/7). “Alhamdulilah berdasarkan instruksi DPP  untuk bisa mendaftarkan di tgl 16 juli, dari pukul 13.00 hingga 15.00 wib. Setelah melalui pemberkasan yang sangat panjang, sampai hari ini pemberkasan baik caleg laki-laki ataupun perempuan sudah terpenuhi,” katanya.

Yogi menambahkan, untuk jumlah bacaleg yang didaftarkan 50 calon yang sebagian 30 persen merupakan kuota perempuan. “Para calon bukan hanya dari kader ataupun pengurus partai. Tetapi juga dari unsur masyarakat,” pungkasnya. Yogi berharap, Partai NAsdem menang di Pileg 2019. “Mudah-mudahan target untuk menang di 2019 bisa terpenuhi,” harapnya. (MJ-27)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

6 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.