Mulai Bulan Depan, Honor Abdi Dalem Solo Langsung Masuk Rekening

Pengiriman honor rekening abdi dalem melalui rekening sebagai bentuk transparansi data

SOLO – Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta berencana untuk membuat 500 rekening pribadi baru untuk abdi dalem keraton. Rekening tersebut akan digunakan untuk  mengirim honor yang dibayarkan setiap bulan.

Tradisi Malam Selikuran di Keraton Surakarta. Abdi dalem keraton kini memiliki rekening pribadi. Foto: metrojateng.com

Kerabat Keraton sekaligus Ketua Lembaga Dewan Adat, KP Edi Wirabumi mengatakan, pembuatan rekening abdi dalem sebagai bentuk transparansi data dan mempermudah pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada para abdi dalem keraton.

“Mulai bulan depan semua (ditransfer) melalui Bank Jateng. Bagi siapa yang mau bantu bisa langsung ke rekening,” ujarnya saat ditemui dikantor Lembaga Dewan Adat, Jumat (14/12/2018).

Edi merinci honor abdi dalem bervariatif, mulai dari Rp 170.000, Rp 270.000, hingga Rp 1,5 juta. Pemberian honor tersebut disesuaikan dengan masa pengabdian dan jabatan masing-masing.

“Kami ingin memberikan penghargaan kepada para abdi dalem. Kalau yang sudah tua nanti akan ada pendampingan dari kami untuk membuat rekening,” jelasnya.

Edi mengakui jika semenjak konflik pembentukan Bebadan yang tak kunjung usai, pihaknya mengeluarkan dana pribadi sebesar Rp 80 juta per bulan untuk membiayai honor abdi dalem. Dia berharap dengan adanya rekening tersebut, Pemerintah Provinsi bisa memberikan bantuan langsung kepada para abdi dalem. 

“Meskipun tidak bekerja 2 tahun, kami tetap gaji karena pengabdian mereka,” pungkasnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.