Mulai 1 Juli, Penghayat Kepercayaan Bakal Dapat e-KTP

SEMARANG – Semua penganut aliran penghayat kepercayaan akan mendapatkan e-KTP mulai 1 Juli nanti. Kepastian itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah, usai menghadiri Musrembangprov Jateng, di Gradhika Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (12/4).

Zudan Arif Fakrullah
Foto: fariz fardianto

Menurut Zudan, Presiden Jokowi nantinya akan melakukan secara simbolis penyerahan e-KTP bagi para penghayat di seluruh Indonesia. “Secara seremonialnya, penyerahan KTP el dan KK bagi penghayat akan dilakukan mulai 1 Juli,” tuturnya.

Ia pun meminta kepada penghayat untuk mengurus penggantian KTP lebih awal. Setiap penghayat bisa mengurusnya di kantor Discapil masing-masing kabupaten/kota mulai awal Mei.

Lebih jauh lagi, ia menuturkan pihaknya bersama Disdukcapil seluruh Indonesia telah mendata ulang jumlah penghayat. Data terbaru menunjukan jumlah komunitas penghayat kepercayaan mencapai 138 ribu.

“Jumlahnya 138 ribu. Namun kami perkirakan keberadaanya akan lebih banyak lagi,” tambahnya.

Penggantian e-KTP bagi penghayat kepercayaan akan dilakukan dengan mengganti isi kolom agama yang bersangkutan. Dari awalnya kolom agamanya kosong. Kini bisa dicantumkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Yang dicantumkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bukan nama komunitas penghayatnya,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

70 − 63 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.