Mudik, 400 Ribu Kendaraan Bakal Melintasi Tol Trans Jawa

Arus Mudik Lebaran 2019

Gerbang Tol Kalikangkung dan Banyumanik jadi fokus perhatian polisI.

SEMARANG – Sebanyak 400 ribu kendaraan diprediksi akan melintas di Tol Trans Jawa selama arus mudik lebaran tahun ini. Terkait hal itu, kepolisian beserta Jasa Marga telah mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan di pintu Tol Kalikangkung dan Tol Banyumanik Semarang. Sementara prediksi puncak arus mudik yakni H-2 hingga H+1 lebaran.

Ilustrasi. Gerbang Tol Ungaran.(metrojateng.com)

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi, mengatakan berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tahun ini diprediksikan sekitar 40 persen arus mudik yang menuju Timur Pulau Jawa menggunakan ruas Jalan Tol Trans Jawa. Diprediksi kurang lebih 400 ribu kendaraan dengan puncak arus mudik diprediksi terjadi sekitar H-2 hingga H+1 lebaran.

“Kami juga akan bangun Pos Terpadu di Gate Tol Kalikangkung. Di sana nanti disiapkan CCTV yang bisa menjangkau seluruh ruas jalan tol di Jawa Tengah, mulai Brebes sampai Sragen,” katanya, Selasa (14/5/2019).

Ardi menjelaskan selain di Kalikangkung, Pos Terpadu juga akan ditempatkan di Gate Tol Banyumanik. Diprediksi di gate tol Banyumanik akan terjadi antrean kendaraan yang panjang. Oleh karena itu telah disiapkan jalur evakuasi di ujung exit tol Banyumanik yang mengarah ke Srondol.

“Kalau kami prediksi lebih crowded di gerbang tol Banyumanik. Hasil pengecekan terakhir kemarin di Kalikangkung telah tersedia 17 gate ditambah 8 gate satelit, total 25 gate. Sementara di tol Banyumanik hanya ada 12 gate,” jelasnya.

Antisipasi di gate tol Kalikangkung juga akan disiapkan mobil raider yang akan melakukan tapping kartu tol. Dilakukan secara manual oleh petugas yang jemput bola ke antrean. Di ujung exit tol Banyumanik juga sudah kami siapkan Pos Taktis untuk antisipasi benturan arus kendaraan yang keluar dari tol dan yang ada di jalur umum.

“Banyumanik sendiri yang hanya ada 12 gate akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Trans Marga Jateng selaku pengelola. Kalau bisa untuk melakukan hal yang sama seperti di Kalikangkung, yakni ada petugas yang jemput bola ke antrean kendaraan,” ungkap Ardi.

Ardi menambahkan, terkait rekayasa lalu lintas jika ada kepadatan lebih dari 3 kilometer di gate Kalikangkung, maka kendaraan dari arah Jakarta akan diarahkan keluar melalui exit tol Kaliwungu.

“Strategi lalu lintas sudah kami siapkan. Kalau ada kepadatan lebih dari 3 kilometer di gate tol Kalikangkung maka akan dikeluarkan di exit tol Kaliwungu, akan keluar di Kebun Binatang Mangkang,” katanya. (aka)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.