Mobil Tangki Air Bersih Bantuan Kodim Tegal Diserbu Warga

Sedikitnya terdapat lima kecamatan di Kabupaten Tegal yang mengalami kekeringan cukup parah.

TEGAL – Kekeringan akibat musim kemarau terus meluas di Kabupaten Tegal. Akibatnya, warga mengalami krisis air bersih, lantaran sumur dan sumber air sudah tidak lagi mengalir. Kondisi ini menjadiakan bantuan air bersih selalu menjadi buruan warga.

Dandim 0712/ Tegal, Letkol inf Richard Arnol turun langsung memberikan bantuan air bersih di Desa Jatimulya dalam kegiatan TMMD. Foto : metrojateng.com/ adithya

Seperti halnya yang terjadi di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Senin (22/7/2019) siang. Ratusan warga langsung berebut, begitu mobil tangki bantuan Kodim 0712/ Tegal tiba. Mereka tak menghiraukan warga yang telah mengantre karena takut tak kebagian.

Terlebih, air bersih sudah tiga bulan ini menjadi barang langka di wilayah tersebut. Sumur milik warga dan sumber air sudah tidak lagi mengeluarkan air. Kondisi ini membuat warga setempat mengalami krisis air bersih.

“Jika tidak ada bantuan, kami terpaksa mengais air di sungai yang kondisinya keruh untuk mencuci dan mandi. Bagi yang kurang mampu ya airnya dikonsumsi untuk memasak dan minum,” kata Ida, warga Desa Jatimulya.

Kodim 0712/ Tegal sendiri, mengirimkan lima unit mobil tangki air bersih, sebagai salah satu kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Selain diberikan kepada warga secara langsung, air bersih tersebut juga disalurkan untuk sejumlah musala, agar masyarakat tetap bisa beribadah.

“Air bersih ini kita distribusikan karena bantuan dari pemerintah belum cukup untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak kekeringan,” kata Komandan Kodim 0712/ Tegal, Letkol inf Richard Arnold.

Pihaknya mencatat, sedikitnya terdapat lima kecamatan di Kabupaten Tegal yang mengalami kekeringan cukup parah. Diantaranya yakni Kecamatan Warureja, Suradadi, Jatinegara, Kedungbanteng dan Balapulang. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.