Miris, Tiga Jiwa Melayang di Jalan Raya dalam Satu Jam

Launching Keselamatan Lalu Lintas di halaman Gubernuran Jawa Tengah, Rabu (31/12). Foto Ade Lukmono
Launching Keselamatan Lalu Lintas di halaman Gubernuran Jawa Tengah, Rabu (31/12). Foto Ade Lukmono

SEMARANG Launching Keselamatan Lalu Lintas dilakukan hari ini di seluruh Indonesia berlangsung serentak, Rabu (31/12) dengan tema Menuju Indonesia Tertib, Bersatu Keselamatan Nomor Satu. Di Jawa Tengah, peluncuran dilakukan di halaman Gubernuran, Jalan Pahlawan, Semarang.

Dalam launching tersebut, Kepala Korps Lalulintas Polri melalui rilisnya menyebutkan, kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang mengakibatkan nyawa pengendara melayang rata-rata adalah tiga jiwa per jam. Sedangkan yang terjadi di Jawa Tengah adalah enam kejadian kecelakaan per hari.

Menurut data yang dipaparkan, kebanyakan korban adalah pengendara roda dua dan usia produktif. Oleh karena itu, masyarakat diimbau senantiasa menjaga kewaspadaan di jalan raya dan bersikap dewasa ketika di jalan raya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku miris. “Semoga dalam launching ini bisa menjadi sebuah gerakan tertib lalu lintas bersama,” harap Ganjar.

Gubernur mengaku, sering melihat beberapa pengguna jalan yang masih asyik dengan ponselnya. “Kalau saya lihat di jalan ada yang mainan ponsel, saya buka kaca mobil, kemudian saya ingatkan,” terang Ganjar.

Menurutnya, jika perilaku tersebut masih sering dilakukan, yang menerima imbas bukan hanya orang tersebut. “Orang-orang di sekitarnya, yang tertib bisa saja terkena imbas dari satu orang yang tidak tertib,” kata dia. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.