Minat Warga Mengurus Kartu Identitas Anak Minim

Penataan sistem e-KTP belum sepenuhnya beres, saat ini diberlakukan kebijakan penggunaan Kartu Identitas Anak (KIA). Namun kebanyakan warga enggan mengurusnya. 

 

SEMARANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang sangat mengharapkan masyarakat khususnya orang tua, bisa membuatkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak-anaknya.

 

Minat warga mengurus KIA ini terbilang minim. Pasalnya, dari jumlah kurang lebih 400 ribu anak di Kota Semarang, saat ini baru kurang lebih 60 ribu yang sudah mempunyai KIA atau juga disebut KTA Anak. Pembuatan KIA ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri atau Permendagri Nomor 2/2016.

 

‘’Sesuai dengan Permendagri tersebut, KIA ini diperuntukkan bagi anak yang berusia kurang dari 17 tahun, dan akan diberlakukan secara bertahap mulai tahun 2019,’’ kata Kepala Disdukcapil Kota Semarang, Adi Trihananto, Minggu (13/1/2019).

 

Menurut Adi Trihananto, di Kota Semarang pencetakan KIA ini sudah mulai dilakukan tahun 2018. Namun KIA belum menjadi syarat untuk mendaftar ke sekolah. Sedangkan di kabupaten/kota lain masih ada yang sampai saat ini belum melakukan pencetakan atau sedang mempersiapkan pencetakan KIA.

 

Dia menegaskan, masyarakat agar jangan terpancing dengan isu atau kabar yang beredar bahwa KIA wajib dimiliki setiap anak ketika pendaftaran masuk sekolah. Dia memastikan sampai saat ini Pemkot Semarang belum menjadikan KIA syarat wajib untuk masuk sekolah.

 

‘’Kami sudah koordinasi dengan Dinas Pendidikan, dan bahwa belum semua anak di Kota Semarang memiliki KIA atau KTP Anak. Bahkan dari data yang ada dari sekitar 400 ribu anak di Kota Semarang baru kurang lebih 60 ribu yang sudah punya KIA,’’ katanya.

 

Bagi masyarakat yang ingin membuat KIA, Adi Trihananto menjelaskan disiapkan surat permohonan dan fotokopi KK, identitas orangtua, surat nikah orang tua, serta pas photo anak. Manfaat bagi anak yang sudah memiliki identitas anak antara lain bisa membuka rekening bank, membeli tiket pesawat, sehingga tidak susah membawa KK saat bepergian dan lebih praktis. (duh)

 

 

 

 

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.