Meriahkan Pilgub, Petugas TPS Jadi Wayang Orang dan Pemain Bola

SEMARANG – Semarak Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dirasakan segenap masyarakat Kota Semarang. Bahkan, sejumlah petugas TPS di Palebon Kecamatan Pedurungan memilih memakai pakaian wayang orang untuk menarik minat warga menggunakan hak pilihnya. Camat Pedurungan, Kukuh Sudarmanto mengungkapkan dengan menjadi wayang orang, maka semua petugas TPS Palebon bisa nguri-nguri kesenian adiluhung khas Jawa Tengah.

Pilgub Jateng
TPS Wayang di Palebon Kecamatan Pedurungan. (foto: metrojateng/Fariz Fardianto)

“Maka saat coblosan kami sengaja menonjolkan petugas yang memakai pakaian wayang orang. Ini bisa nguri-nguro budaya sekaligus menghibur pemilih dan menekan angka golput di Kampung Seni Palebon,” ujarnya, Rabu (27/6). Penampilan petugas TPS dengan kostum wayang orang tambah semarak dengan diiringi alunan musik gamelan Jawa.

Suara gamelan lamat-lamat terdengar begitu pemilih masuk dan nyoblos di bilik suara. Kukuh berharap semua warga bersama perangkat kelurahan berbondong-bondong datang untuk menggunakan hak suaranya.

Pemilihan konsep TPS wayang orang ini bukan tanpa alasan. Musababnya, Palebon sejak lama dikenal sebagai kampung seni yang dikenal menjadi jujukan pembelajaran tarian Jawa.

pilgub jateng
TPS bertema sepak bola di Puspanjolo Raya Kecamatan Semarang Barat. (foto: Fariz Fardianto)

“Kostum wayang dan gamelan ini milik warga sendiri. Kemampuan olah seni tari di sini sudah mendarah daging sejak lama. Warga sejak lama menggeluti kesenian wayang orang,” tuturnya. Di Pedurungan sendiri terdapat 320 TPS. DPT tertinggi di Tlogosari Kulon dan Muktiharjo Kidul.

Sementara itu, berada di titik Kecamatan Semarang Barat, warga Jalan Puspanjolo Raya tak mau melewatkan kemeriahan Pilgub. Berawal dari demam Piala Dunia yang mewabah di penjuru Tanah Air, warga setempat pun memilih membuat TPS 03 dengan konsep Piala Dunia.

“Karena baru musimnya Piala Dunia. Maka kami akhirnya memilih memakai bendera, logo timnas untuk mendukung konsep TPS Piala Dunia,” kata Setyadi Budi Wibowo, Ketua KPPS 01. Jumlah pemilihnya terdapat 302 orang. Petugas TPS 03 yang dikerahkan ada sebanyak 10 orang orang. Mereka terdiri tujuh KPPS, dua Linmas dan satu Panwaskel.

Animo warga untuk nyoblos ternyata meningkat begitu melihat ada TPS Piala Dunia, kata Setyadi. Sejak dibuka pukil 07.00 pagi tadi sampai saat ini sudah sekitar 150 lebih yang ikut nyoblos. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

9 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.