“Merajut Indonesia”, Menyatukan Bangsa lewat Kartun

Kritikan lewat kartun lebih mudah dipahami karena juga ada lelucon yang disampaikan namun tetap memberikan masukan yang baik.

KENDAL – Situasi politik Indonesia sebelum dan usai Pemilu 2019 silam yang sempat memanas, coba didinginkan kembali oleh kartunis melalui goresan karikatur. Lewat tema Merajut Indonesia, 40 kartunis yang tergabung dalam Kelompok Kartunis Kaliwungu atau Kokkang menuangkan ide melalui karya seninya.

Pameran karikatur “Merajut Indonesia” yang digagas Kokkang. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Seperti karikatur Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto, menggambarkan pentingnya persatuan dan memberikan semangat untuk membangun Indonesia tanpa perbedaan.

Karikatur lainnya juga menggambarkan persatuan tanpa memandang perbedaan, ada juga karikatur yang berisi pesan untuk menangkal berita hoax dan anti korupsi. Karikatur karya Kokkang ini dipamerkan di Tirto Arum Baru Kendal mulai Sabtu (10/8/2019).

Sarwo Utomo pengunjung dari Grobogan mengaku kagum dengan karya kartunis Kaliwungu ini. “Pesan yang disampaikan dalam kartun dan karikatur ini penuh makna dan mengajak seluruh elemen bangsa kembali merajut Indonesia dalam wadah persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Ketua pameran kartun nasional Kokkang, Agus Widodo mengatakan, memilih tema merajut indonesia karena melihat situasi politik dan sosial di indonesia penuh konflik. “Dari sinilah muncul gagasan untuk kembali menyatukan bangsa melalui karya kartun. Setidaknya ada 250 karikatur yang digambar kartunis Kaliwungu yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia,” katanya.

Sementara itu Deputi IV bidang komunikasi politik dan desiminasi informasi kantor staf presiden, Eko Sulistyo mengapresiasi pameran karikatur yang mengambil tema merajut Indonesia. “Tema ini merespons situasi yang berkembang saat pemilu dan banyaknya ujaran kebencian dan hoax. Kritikan lewat kartun lebih mudah dipahami karena juga ada lelucon yang disampaikan namun tetap memberikan masukan yang baik,” ungkapnya.

Selain menggelar pameran kartun nasional juga diluncurkan majalah kartun tawa nusantara yang menampung karya kartun. Lewat pameran kartun ini Kokkang bertekad untuk terus berkreasi menyongsong perubahan zaman. (MJ-01)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.