Menteri Susi Ikut Sedekah Laut di Demak

Menteri Susi bahkan naik perahu nelayan untuk mengikuti prosesi doa bersama di laut.

DEMAKProses tradisi sedekah laut Desa Betahwalang, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak berlangsung meriah. Pasalnya, tradisi tahunan itu dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanaan Susi Pudjiastuti.

Menteri Susi hadir dalam sedekah laut di Desa Betahwalang Demak, Senin (29/7/2019). Foto: metrojateng.com

Menteri yang berpenampilan nyentrik ini bahkan naik perahu nelayan untuk mengikuti prosesi doa bersama di laut. Bukan hanya itu, Susi juga ikut menyantap makan dengan lauk daging ayam di atas perahu usai prosesi.

“Ini bagus. Ini salah satu bentuk upaya menjaga laut dari masyarakat nelayan,” ujar Susi, Senin (29/7/2019)

Desa Betahwalang merupakan penghasil rajungan besar di Jawa Tengah, selain Pemalang, Pati dan Rembang.

“Saya minta nelayan di sini bisa menjaga laut. Jangan buang sampah sembarangan terutama plastik. Kalau melaut jangan ambil rajungan betina, yang jantan saja. Itu untuk kebaikan nelayan, karena yang betina itu biar bertelur,” paparnya.

Ia juga menegaskan kepada nelayan terkait larangan menggunakan jaring tangkap yang tidak ramah lingkungan. “Pakai yang ramah lingkungan. Kalau masih ada yang pakai arad, ambil serahkan ke polisi,” tegasnya.

Sementara, Abdul Kholiq nelayan Betahwalang mengaku senang tradisi sedekah laut di desanya dihadiri seorang menteri. “Sangat senang. Acaranya jadi tambah rame dan bersemangat,” pungkasnya.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.