Menteri Susi Ajak Nelayan Pantura Beralih ke Kapal Fiber

Nelayan yang sudah pakai perahu fiber lebih mudah mengarungi lautan.

SEMARANG- Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menantang kepada para nelayan di Pantura Jawa Tengah untuk berani mengganti perahunya dengan kapal fiber. Hal ini karena kapal berbahan baku fiber dianggap lebih enteng ketimbang perahu kayu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyambangi nelayan di Kampung Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Sabtu (20/10/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

“Kami dari KKP mendorong agar nelayan berani mengganti kapal mereka dengan kapal fiber,” ungkap Susi saat berkunjung ke perkampungan nelayan Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Sabtu (20/10/2018).

Ia menyampaikan sejumlah nelayan Pantai Pangandaran Jabar bisa menjadi acuan dalam penggunaan kapal fiber. Menurut dia, sudah banyak nelayan Pangandaran yang menggunakan perahu fiber karena lebih ringan ketika mengarungi lautan lepas.

Lebih lanjut, Susi berkata bila penggunaan kapal kayu harus dikurangi guna mengurangi pemakaian pohon yang terus berkurang.

Pihaknya juga mengklaim akan mempermudah proses perizinan operasional kapal bagi nelayan. Para nelayan yang punya perahu-perahu kecil, katanya tak perlu mengurus izin yang berbelit-belit.

“Tentunya yang kapalnya diatas 10 gross ton wajib urus izinnya. Tapi kalau buat nelayan yang kecil-kecil saya rasa enggak usahlah,” ujar Susi.

BACA JUGA: Pesan Susi kepada Nelayan Tambaklorok: Setop Buang Sampah Plastik ke Laut

Sedangkan data yang dihimpun dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, nelayan yang berdomisili di wilayahnya saat ini berjumlah kurang lebih 222.000 jiwa.

Kemudian total hasil tangkapan mereka di tahun 2017 telah mencapai 376.000 ton.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Lalu M Syafriadi, tak mudah mengubah perilaku nelayan dari menggunakan perahu kayu ke kapal fiber. Sebab, para nelayan Pantura kebanyakan masih menyukai naik perahu kayu untuk menjala ikan di perairan lepas.

Namun, ia akan berupaya mendukung kebijakan Menteri Susi agar nelayan segera beralih memakai kapal fiber. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.