Menteri pun Bisa Salah Ucap Waktu

image

PEKALONGAN – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anis Baswedan keliru mengutarakan waktu ketika menyapa para peserta seminar di Ruang Amarta Kantor Pemkot Pekalongan, Kamis (30/7) pagi.

“Saya sudah empat kali ke Pekalongan. Senang sekali saya bisa kembali hadir pada malam hari ini,” kata Anis sambil melihat catatan di depan ratusan peserta seminar.

Meski sejumlah peserta terlihat tercengang, namun mereka menahan sikap. Mulai menundukkan kepala hingga saling melirik satu sama lain.
Namun Anis kembali melanjutkan sambutannya.

Insiden kecil itu mewarnai pembukaan seminar bertajuk Pekalongan Kota Kreatif: Pembangunan Berbasis budaya. (Menuju world culture forum 2016).

“Kota Pekalongan ini merupakan satu-satunya kota di Asia Tenggara yang masuk dalam list UNESCO tentang jaringan Kota Kreatif. Hal itu merupakan pengakuan yang luar biasa,” kata Anis disambut riuh tepuk tangan.

Terkait kreatif, Anis memaparkan, kreatif bisa didefinisikan sebagai imajinasi yang teraplikasikan. Yakni ketika kita memiliki imajinasi dan mengaplikasikannya menjadi sesuatu yang sangat menarik.

“Membicarakan tentang kota kreatif, akan berbicara tentang ekosistem yang memungkinkan imajinasi warganya tumbuh dan berkembang. Jadi ketika bicara Pekalongan, jangan dibayangkan sebagai semata-mata sebuah kota lalu disana ada produk barang. Tapi sebenarnya adalah sebuah ekosistem yang memungkinkan imajinasi itu menjadi kenyataan,” jelasnya.

Selain itu, kota kreatif bukan hanya sebuah kota yang hanya mendorong keterlibatan seniman atau beberapa pihak yang terlibat, melainkan sebuah kota yang di dalamnya muncul kreatifitas dan berasal dari seluruh elemen warga.

“Jadi kota kreatif itu jangan dibayangkan sebagai kumpulan seniman tradisional. Tetapi kreativitas yang muncul di kota tersebut berasal dari semua aspek,” pungkasnya. (MJ-21)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 30 = 37

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.