Menteri Muhadjir Inginkan Pemerataan Kualitas Lembaga Pendidikan

Perlu adanya kerja sama, kolaborasi dan sinergi di antara sekolah-sekolah yang ada

MAGELANG – Penyelenggaraan pendidikan yang baik dan berkualitas bagi sebuah negara merupakan aspek penting dan strategis yang akan menentukan masa depan kehidupan negara itu sendiri. Keberadaan lembaga pendidikan yang berkualitas menjadi instrumen penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan.

Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, saat mengisi kuliah umum dalam rangkaian kegiatan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Expo di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring, Muntilan Kabupaten Magelang, Sabtu (20/10/2018) malam.

Menurutnya, diperlukan inovasi dan kreativitas dari para penyelenggara pendidikan untuk merespon setiap kebutuhan dan kemajuan zaman.

Muhadjir mengemukakan, orientasi terhadap pencapaian kualitas perlu juga dimbangi dengan pencapaian pemerataan kualitas di antara lembaga pendidikan yang satu dengan yang lainnya.

“Kualitas jangan hanya ada di satu sekolah saja akan tetapi perlu adanya pemerataan pencapaian kualitas, sehingga ke depan tidak terjadi kesenjangan kualitas di antara lembaga pendidikan yang ada di Indonesia” katanya.

Di masa mendatang tidak ada lagi penyebutan identitas terkait sekolah favorit dan tidak favorit. Semua menjadi lembaga pendidikan yang favorit sesuai dengan potensi dan ciri khas masing-masing.

Oleh sebab itu, perlu adanya kerja sama, kolaborasi dan sinergi di antara sekolah-sekolah yang ada, sehingga kualitas penyelenggaraan pendidikan bisa diwujudkan secara merata.

Dalam kesempatan itu, ia menekankan lima hal penting yang perlu ditanamkan kepada para peserta didik di setiap lembaga pendidikan. Antara lain berpikir kritis, kemampuan komunikasi secara lisan dan tulisan, kreativitas, membangun kerja sama dan kepercayaan diri.

Terkait penyelenggaraan kegiatan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Expo 2018 ini, Muhadjir memberikan apresiasi positif. Dengan ditampilkannya keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing cabang maupun ranting seperti dalam bidang pendidikan maupun ekonomi maka diharapkan akan diketahui terkait potensi – potensi yang ada. 

Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi, Bendahara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Marpuji Ali, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah Tafsir dan Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah Ahmad Norma Permata.

Kemudian Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Haryono, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Jumari dan Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Eko Muh Widodo.(MJ-24).

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.