Menristekdikti Targetkan Beasiswa Dua Juta Sarjana melalui KIP

Tahun ini pemerintah menyalurkan 380 ribu beasiswa kuliah.

SEMARANG – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menargetkan mencetak 2 juta sarjana dan diploma melalui beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). Hingga 2020, beasiswa yang telah dianggarkan mencapai 780 ribu penerima beasiswa.

Menristekdikti Mohamad Nasir dalam Rapat Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Universitas Stikubank Semarang, Senin, (22/7/2019). Foto: dokumentasi

Menristekdikti Mohamad Nasir memaparkan, tahun ini pemerintah menyalurkan 380 ribu beasiswa kuliah. Sedangkan tahun depan dianggarkan untuk 400 ribu penerima beasiswa.

“Hingga 2024 mendatang, ditargetkan bisa mencapai 2 juta penerima beasiswa,” ungkap Nasir dalam Rapat Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Universitas Stikubank Semarang, Senin, (22/7/2019).

Menristekdikti juga meminta perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri agar menghasilkan lulusan sarjana dan diploma yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Sehingga, tidak hanya mendapat ijazah saja, melainkan lulusan harus mendapatkan sertifikasi di bidangnya. Di semua bidang, dan khususnya di ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Maka sarjana-sarjana dan diploma-diploma harus mendapat sertifikat kompetensi. Tentunya untuk meningkatkan daya saing. Tidak boleh lagi kampus meluluskan sarjana-sarjana, diploma-diploma yang tidak sesuai kebutuhan industri,” ujarnya.

Dijelaskannya, upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kalangan lulusan perguruan tinggi tersebut akan dilakukan secara masif agar hasilnya bisa optimal. Nasir berencana mengundang tenaga pendidik dari luar negeri.

“Bahkan, tidak menutup kemungkinan mendatangkan Rektor luar negeri untuk memimpin perguruan tinggi di tanah air. Jika rencana tersebut belum dapat terlaksana, setidaknya akan dilakukan kerjasama penelitian bersama,” tambahnya. (ade)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.