Menjelang Natal, Harga Bahan Pokok Stabil

Ditemukan harga bawang merah yang tergolong naik secara tidak wajar, yakni menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya.

SEMARANG – Harga kebutuhan pokok jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 di Kota Semarang masih stabil. Kecuali harga bawang merah di sebuah swalayan yang diketahui naik secara tidak wajar.


Kepala Dinas Perdagangan Kota Fajar Purwoto diwawancari awak media usai sidak harga dan stok kebutuhan bahan pokok, Kamis (20/12/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengungkapkan hal tersebut, usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa tempat perbelanjaan, baik di pasar tradisional maupun pasar modern, Kamis (20/12/2018).

Ia menjelaskan, dari beberapa lokasi yang dikunjungi keseluruhan harga pokok saat ini masih tergolong normal. Tidak ada kenaikan harga yang cukup drastis.

“Semua harga normal, tadi itu seperti telor Rp 25 ribu per kilogram dan ayam Rp 35 ribu per kilogram. Jika ada kenaikan masih dalam batas normal dalam kisaran Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu saja,” kata Fajar.

Hanya diakui, di salah satu swalayan di daerah Pedurungan, ditemukan harga bawang merah yang tergolong naik secara tidak wajar, yakni menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya. Padahal menurutnya untuk harga normal bawang merah di pasar tradisional hanya dalam kisaran Rp 25 ribu per kilogramnya.

“Di swalayan itu harga bawang merah sampai Rp 35 ribu. Kita langsung panggil pengelola swalayan itu untuk melakukan pengecekan harga. Karena di pasar tradisional hanya Rp 25 ribu saja,” katanya.

Sementara untuk pasokan dan harga daging menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini, Fajar mengungkapkan, juga masih mencukupi dan harganya masih dalam ambang batas normal. Harga rata-rata untuk daging sapi yakni Rp 110 ribu per kilogramnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.