Menjadi Guru Tamu di SMK Negeri 8 Semarang, Dosen USM Ajarkan Pembuatan Running LED

Dosen USM yang menjadi guru tamu sedang mengajarkan pembuatan running LED pada siswa SMK N 8 Semarang.

SEMARANG – Dosen FTIK Universitas Semarang (USM) melalui tim Pengabdian kepada Masyarakat menjadi guru tamu di SMK N 8 Semarang. Tim yang beranggotakan Febrian Wahyu Christanto, Surono, dan Galih Setiarso ini memberikan materi dan praktek pembuatan running LED menggunakan sensor.

Kegiatan pembelajaran oleh dosen-dosen USM ini dilaksanakan di Lab TKJ SMK N 8 Semarang pada Rabu (11/11/2020), dengan menggunakan protokol kesehatan untuk meminimalkan potensi penyebaran Covid-19.

Pembelajaran diikuti hanya oleh 10 orang (sepertiga kapasitas lab) yaitu perwakilan siswa dan guru Jurusan TKJ. Pembelajaran ini direkam dan disiarkan pula secara live streaming lewat channel Youtube SMK N 8 Semarang agar dapat diakses pula oleh seluruh siswa sebagai materi pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi seperti saat ini.

Materi dan praktek yang diberikan adalah pembuatan running LED menggunakan beberapa macam sensor seperti sensor gerak dan sensor suhu untuk keperluan industri kecil dan menengah menggunakan mikrokontroler Arduino.

“Hal ini perlu dipelajari dan dikuasai siswa SMK karena tuntutan revolusi industri 5.0 sekarang ini mengarah kepada teknologi otomatisasi dan kontrol alat berbasis Internet (Internet of Things). Semua alat elektronik kedepan akan dapat dijalankan dan dikontrol hanya dengan sebuah gadget”, ungkap Febrian Wahyu Christanto selaku ketua tim dosen dari USM.

“Sebagai contoh kecil adalah teknologi Smart Home menggunakan mikrokontroler berbasis Internet. Kita dapat mematikan lampu, menghidupkan kran air, menutup pagar rumah, mengunci pintu rumah, memberikan pakan ikan-ikan di kolam, dan sebagainya dari jarak jauh hanya menggunakan satu jari saja”, tambahnya di sela-sela pembelajaran.

Program guru tamu ini disambut baik pula oleh Kepala SMK N 8 Semarang, Harti, S.Pd., M.Kom. Program ini dinilai dapat menambah ilmu dan pengalaman siswa dan guru-guru sekolahnya.

”Program guru tamu ini sangat baik untuk menambah ilmu dan pengetahuan siswa kami. Perkembangan teknologi terbaru seperti IoT (Internet of Things) memang sangat perlu dikuasai siswa kami, dan USM adalah patner kami yang secara rutin mengirimkan dosen-dosennya sebagai guru tamu di sini untuk memberikan ilmu dan teknologi terbaru sebagai tambahan materi belajar untuk siswa kami,’’ katanya.

‘’Saya harap dengan kegiatan seperti ini skill siswa SMK N 8 Semarang akan semakin berkembang untuk memenuhi tuntutan dunia industri”, tutup Harti.*

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.