Menikmati Indahnya Embung di Antara Jalan Tol dan Pegunungan

Sebelah selatan embung terlihat pemandangan pegunungan dan sawah yang asri serta sejuk sedangkan di utara melintang jalan tol Batang-Semarang.

KENDAL – Satu lagi tujuan wisata alam dengan pemandangan embung serta pegunungan di selatan Kabupaten Kendal. Pengunjung bisa menikmati kuliner tradisional sambil menikmati embung buatan serta pemandangan alam yang asri serta dinding pembatas jalan tol Batang-Semarang.

Embung Rowobranten, destinasi wisata alam di Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Embung Rowobranten berada di pinggir jalan tol Batang-Semarang, tepatnya di Desa Rowobranten Kecamatan Ringinarum Kendal. Sebelah selatan embung terlihat pemandangan pegunungan dan sawah yang asri serta sejuk sedangkan di utara melintang jalan tol Batang-Semarang.

Kawasan embung buatan ini dimanfaatkan kelompok sadar wisata Desa Rowobranten menjadi tujuan wisata baru yang murah. Untuk menambah suasana agar pengunjung betah menikmati embung ini sejumlah pedagang makanan tradisional menyiapkan kuliner khas Kendal. 

Ditambah lagi banyak spot-spot foto yang dibuat dengan gambar mural sepanjang dinding pembatas jalan tol Batang-Semarang makin membuat pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini. Suasana alam yang sejuk dan pemandangan embung serta pegunungan menarik pengunjung dari sejumlah daerah di sekitar Kendal untuk datang.

“Belum lagi embung yang berada di tengah pemukiman ini bisa digunakan untuk memancing sembari menikmati kuliner khas yang dijajakan warga sekitar,” ujar Zaenal Faizin, warga Weleri, Minggu (17/3/2019).

Sekretaris Desa Rowobranten, Islachul Charirin mengatakan dibukanya wisata embung ini usulan dari warga yang ingin mengenalkan embung ini ke daerah lain. “Yang ditawarkan dari wisata alam ini selain embung Rowobranten pengunjung juga bisa melihat keindahan pengunungan Sindoro dan Sumbing dari jauh, serta jalan tol Batang Semarang yang persis berada di utara embung,” jelas Islachul.

Untuk lebih menarik pengunjung, setiap minggu pagi digelar pasar dadakan dengan menjajakan kuliner khas Kendal dan berbagai kerajinan. “Harapannya dengan wisata embung ini perekonomian warga sekitar bisa terangkat dan bisa membangkitkan wisata di kabupaten Kendal,” imbunya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata Kendal, Agung Setiawan mengatakan embung Rowobranten ini merupakan wisata yang dikelola kelompok sadar wisata yang ke 41 di Kendal. “Ke depannya untuk lebih menarik pengunjung saya sudah berkordinasi dengan dinas perikanan untuk bisa memberikan bibit ikan ke dalam embung dan bisa dipancing pengunjung,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Kendal sendiri mendorong setiap daerah yang mempunyai potensi wisata maupun potensi ekonomi warga, bisa ditampilkan agar bisa dikenal sekaligus menjadi tujuan wisata alternatif di Kabupaten Kendal. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.