Mengenal Sanggar Tari Danangdjoyo Karimunjawa

Keunggulan wisata alam perlu diimbangi dengan kualitasa manusia dengan berlandaskan budaya dan seni.

JEPARA – Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara menyimpan keindahan alam terutama pantai dan lautnya. Selain itu, kesenian yang tumbuh juga memberikan daya tarik tersendiri.

Sanggar tari Danangdjoyo memberi warna baru di Karimunjawa. Foto: metrojateng.com

Salah satunya adalah Sanggar Tari Danangdjoyo, yang berdiri sejak satu tahun lalu. Meski masih baru, sanggar ini mampu memberikan warna bagi destinasi wisata di pulau ini.

Beberapa kali event, anak-anak Sanggar Tari Danangdjoyo tampil. Bukan hanya event formal pemerintahan, juga saat menyambut wisatawan di Pulau Karimunjawa.

Atik Krimuning, pendiri sekaligus pelatih Sanggar Tari Danangdjoyo menuturkan bahwa kehadiran kesenian sama pentingnya menjaga alam di Karimunjawa.

“Alam Karimunjawa sudah terus dikampanyekan untuk dijaga. Nah, kalau kesenian kita maksudkan untuk menjaga sumber daya manusia,” katanya, Selasa (12/11/2019)

Baginya, keunggulan wisata alam perlu diimbangi dengan kualitasa manusia dengan berlandaskan budaya dan seni. “Saya pikir kebudayaan dan kesenian sangat perlu disinergikan dengan keunggulan alam di sini,” paparnya.

Saat ini, ada sekitar 20 anak yang ikut berlatih di sanggarnya. Setengahnya sudah menguasai 10 bentuk tari. Usia mereka dari SMP dan SMA.

“Ya, pasang surut, tapi saat ini sekitar 20 anak dan mereka kuasai lima sampai sepuluh tarian,” tandasnya.(MJ-23)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.