Mengenal Minyak Esensial Tumbuhan di Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia merujuk pada konsep wisata edukasi alam yang mengeksplorasi minyak esensial.

SOLO – Bagi Anda yang ingin belajar mengekplorasi minyak esensial dari tumbuh-tumbuhan, tidak perlu jauh-jauh ke Bulgaria. Kini di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah terdapat objek wisata baru Rumah Atsiri Indonesia.

Kawasan tumbuhan atsiri yang ditaman di lokasi taman Rumah Atsiri Indonesia. Foto: metrojateng.com

Rumah Atsiri Indonesia merupakan lokasi wisata edukasi baru yang terletak di Jalan Raya Solo-Tawangmangu Km 38,5 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar. Memiliki luas 23.660 meter persegi, Rumah Atsiri Indonesia merujuk pada konsep wisata edukasi alam yang mengeksplorasi minyak esensial. Rumah Atsiri ini berdiri di bekas Pabrik Citronella yang sudah tak berproduksi.

Pabrik Citronella sendiri merupakan pabrik yang mengolah minyak esensi yang berdiri sejak tahun 1963. Essential oil dihasilkan berasal dari koleksi tumbuh-tumbuhan yang diberdayakan di taman Rumah Atsiri Indonesia.

Owner Rumah Atsiri Indonesia, Julia Ekajati mengatakan, dengan dipadukan dengan gaya arsitektur modern Rumah Atsiri Indonesia terdiri dari museum atsiri, kids lab, restaurant, coffe shop, merchandise shop, taman atsiri, mice, dan wisma.

“Jadi jenis tumbuhan atsiri di Indonesia ini ada 300 lebih ya, kita ingin mengenalkan tumbuh-tumbuhan atsiri yang selama ini masyarakat belum mengenal,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (27/10/2018).

Julia menjelaskan di Rumah Atsiri ini para wisatawan akan diajak untuk menghasilkan minyak esensial sendiri, mulai dari memanen tumbuh-tumbuhan seperti mints, rosemary, menyulingnya, hingga menjadi bibit minyak wangi.

Rumah Atsiri ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 WIB, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 50.000. Tiket tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan makanan atau suvenir di lokasi tersebut.

Salah seorang pengujung asal Yogyakarta, Endah mengaku senang bisa berkunjung ke Rumah Atsiri, selain dapat menambah ilmu pengetahuan, di lokasi tersebut juga terdapat banyak spot untuk berswafoto.

“Ini bagus ya terutama bagi anak-anak sehingga mengenalkan sejak dini apa itu esensial oil, minyak telon atau minyak kayu putih dan cara membuatnya,” ujarnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.