Mengenal Citrula Gel, Penangkal Jerawat dari Kulit Semangka

BANYUMAS – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memanfaatkan limbah kulit semangka sebagai gel antijerawat. Senyawa aktif dari kulit semangka dinilai bisa menjadi penangkal jerawat.

Tim PKM PE Fakultas Farmasi UMP menunjukkan Citrula Gel. Foto: metrojateng.com

Tim tersebut terdiri dari Yola Anggraeni, Tika Ambarwati dan Irmas Miranti dari Fakultas Farmasi UMP. Mereka memberi nama gel antijerawat tersebut dengan Citrula Gel. Terbuat dari limbah kulit buah semangka (Citrullus lanatus) sebagai antijerawat (Acne vulgaris).

Ketua kelompok Yola Anggraeni mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki iklim tropis sehingga masyarakat harus menerima risiko terhadap masalah jerawat.

“Hal ini terjadi karena pada iklim tropis tubuh lebih sering berkeringat sehingga kelenjar keringat akan bekerja sangat aktif dan menghasilkan minyak berlebih sehingga memicu timbulnya jerawat,” katanya.

Setelah melihat permasalahan tersebut, dengan dibimbing oleh Dosen Fakultas Farmasi UMP Erza Genatrika MSc Apt mencoba untuk membuat gel dari kulit buah semangka.

Menurutnya, banyak masyarakat yang mengetahui kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih dianggap limbah. Namun ternyata ini memiliki banyak kandungan gizi. Kulit buah semangka memiliki senyawa aktif sebagai anti bakteri yaitu terpenoid.

“Terpenoid ini mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. Nah likopen ini di klaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan,” jelasnya. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

1 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.