Menegangkan, Warga Tangkap Buaya di Sungai Blorong

Warga menggunakan umpan seekor bebek agar buaya naik ke daratan dan mudah ditangkap.

KENDAL – Seekor buaya berhasil ditangkap warga di Sungai Blorong Kendal, Rabu (27/3/2019) sore. Reptil berukuran 1,5 meter tersebut sudah sejak dua pekan terakhir kerap naik ke daratan sehingga meresahkan warga Desa Turunrejo.

Buaya yang ditangkap di Sungai Blorong jadi tontonan warga. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Upaya penangkapan buaya yang kerap muncul di Sungai Blorong ini cukup menegangkan. Butuh waktu hampir dua jam untuk memancing buaya agar muncul dari sungai dan keluar ke daratan.

Warga menggunakan umpan seekor bebek agar buaya naik ke daratan dan mudah ditangkap. Buaya akhirnya berhasil ditangkap oleh lima orang saat masuk ke area pembuatan batu bata.

“Saat ditangkap buaya sedang kondisi lapar sehingga memberikan perlawanan yang cukup kuat,” kata Agus, warga setempat.

Ia pun menduga masih ada buaya lainnya di Sungai Blorong. “Kemungkinan masih ada buaya lagi yang ukurannya lebih besar,” imbuh Agus.

Sementara itu Kepala Desa Turunrejo, Abdul Mufid mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan evakuasi terhadap buaya ini.

“Tim BKSDA sudah datang kemudian meminta kami melakukan penangkapan dengan cara memberikan umpan unggas karena pada saat tim datang buaya tidak muncul,” jelasnya.

Buaya yang ditangkap ini akan diinapkan semalam di sebuah bangunan warung milik warga dengan kondisi terikat. Selanjutnya tim dari BKSDA akan mengevakuasi buaya tersebut.

Mufid menambahkan, kemunculan buaya ini merupakan hal yang pertama kali terjadi di Sungai Blorong. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.