Melihat Jepara Lebih Dekat dalam Bingkai Foto

Karya foto dapat memperlihatkan sisi lain dari sebuah kota atau daerah.

JEPARA – Ratusan foto hasil jepretan pewarta dan fotografer Kabupaten Jepara dipamerkan dalam event Jepara Photo Exhibiton 2018. Selain pameran, kegiatan tersebut juga dimeriahkan ajang lomba foto tingkat pelajar bertema “Pahlawanku”.

Pameran foto di Pasar Rakyat Pengkol Jepara Kota. Foto: metrojateng.cm

Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 2 Pasar Rakyat Pengkol, Jepara Kota itu pengunjung dapat melihat lebih dekat Jepara melalui foto-foto karya pewarta dan fotografer.

Mulai dari kegiatan UMKM kerajinan, sosial, ekonomi, wisata, kerukunan umat beragama serta seni dan budaya. Seperti tradisi Perang Obor di Desa Tegalsambi, opera Ketek Putih di Danau Akar Seribu di Desa Bondo, dan arak-arakan Memeden Sawah di Desa Kendeng Sidialit.

Seorang pengunjung, Zakaria, warga Kelurahan Pengkol menuturkan bahwa jarang sekali ada pameran foto di Kabupaten Jepara, apalagi berlokasi di pasar.

“Tadi selesai mengantar cucu Posyandu terus lihat ini (pameran),” ujarnya kepada wartawan, Senin (12/11/2018)

Menurutnya, karya foto dapat memperlihatkan sisi lain dari sebuah kota atau daerah. Sebab, jepretan fotogafer mempunyai nilai seni.

“Saya suka melihat foto-foto karena dapat menggambarkan situasi sebuah daerah atau kabupaten. Foto-foto ini kan juga seni,” tuturnya.

Ketua PWI Kabupaten Jepara, Budi Santoso menyampaikan, sengaja dipilih pasar tradisional sebagai lokasi pameran, itu untuk mendekatkan karya seni, foto dan lukis, kepada masyarakat. Selain itu, juga untuk mendongkrak keberadaan Pasar Rakyat Pengkol. Sebab, usai direnovasi, pasar yang terletak di Jalan Ahmad Yani nampak sepi.

“Sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan. Selain pameran, juga ada lomba foto untuk pelajar dengan tema Pahlawaku. Pameran akan berlangsung sampai 17 November,” tandasnya.(MJ-23)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.