Meka Adipratama Dorong Pencapaian RTH di Salaman Mloyo

Pimpinan PT Meka Adipratama dan pemangku kepentingan di Salaman Mloyo Semarang Barat menanam pohon untuk penghijauan di lingkungan tersebut, Jumat (21/2/2020). Foto : metrojateng.com/anggun.

SEMARANG – PT Meka Adipratama turut terlibat dalam pencapai ruang terbuka hijau (RTH) di Kelurahan Salaman Mloyo Semarang Barat. Melalui Meka Peduli, pengembang bengkel ritel Carfix itu melakukan penghijauan di sekitar lingkungan tersebut.

Sebanyak 500 bibit tanaman diserahkanChief Of Operation Officer PT Meka Adipratama, Tarsimin kepada Camat Semarang Barat Heru Sukendar dan Lurah Salaman Mloyo Retno Setyaningsih. Adapun, tanaman yang disumbangkan meliputi Ketapang, Trembesi, Mahoni beserta Pupuk untuk program penghijauan di wilayah Salaman Mloyo.

Tarsimin mengatakan, pihaknya turut peduli dengan lingkungan Salaman Mloyo tidak hanya karena perusahaan berlokasi di kelurahan tersebut, tetapi juga ingin turut dalam penyediaan RTH,” ungkapnya saat menyerahkan bibit tanaman, Jumat (21/2/2020).

Diketahui, dari keseluruhan lahan di Salaman Mloyo terdapat 20 persen lahan ruang terbuka hijau untuk area publik. Namun, saat ini baru terserap 10 persen.

“Melalui penyerahan 500 bibit tanaman dari Meka Peduli ini kami berharap mampu memenuhi 10 persen lahan ruang terbuka hijau yang saat ini masih kosong,” katanya.

Tidak hanya menghijaukan ruang publik, warga Semarang Barat dan Salaman Mloyo juga didorong melakukan penghijauan di ruang privat. Salah satu langkahnya dengan menanam tanaman di area pekarangan rumah.

Camat Semarang Barat, Heru Sukendar mengatakan, selain memprioritaskan penghijauan di ruang publik, menanam di ruang privat juga tak kalah penting.

“Warga bisa menanam tanaman buah agar hasilnya bisa dimanfaatkan dan angka ideal RTH bisa tercapai. Jadi mumpung ini musim hujan, segera menanam apapun di lingkungan sekitar,” katanya.

Sementara, Lurah Salaman Mloyo, Retno Setyaningsih mengatakan, turut senang akan kepedulian Meka terhadap kondisi lingkungan Salaman Mloyo.

“Saya mewakili masyarakat Salaman Mloyo berterima kasih kepada PT Meka Adipratama yang peduli dengan lingkungan sekitar. Ke depan, perusahaan dan masyarakat bisa langsung bersinergi untuk terus menjaga dan merawat lingkungan khususnya melalui program penghijauan ini. Agar kita bersama bisa saling memberikan dan membentuk lingkungan udara yang lebih sehat, segar dan sejuk,” tandasnya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.