Material Longsor Dibersihkan, Jalur Magelang-Purworejo Kembali Normal

Arus lalu lintas sudah mulai dibuka lagi pada pukul 19.15 WIB.

MAGELANG – Jalur lalu lintas Salaman Kabupaten Magelang-Purworejo yang sempat terputus karena terkena tanah longsor, kembali normal, Sabtu (19/1/2019) malam. Material longsor yang menutup jalan utama di Dusun Gesing Desa Krasak, sudah dibersihkan.

Pembersihan material longsor yang menutup jalan utama Magelang-Purworejo, Sabtu (19/1/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Ya malam ini arus lalin sudah normal karena pembersihan tanah longsor yang memenuhi jalan sudah selesai,” kata Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

Arus lalu lintas sudah mulai dibuka lagi pada pukul 19.15 WIB. Material tanah longsor sudah disingkirkan sejak kemarin sampai petang hari ini.

Joko Winangun, YMT Kepala Balai Pengelola Jalan Wilayah Magelang Dinas Bina Marga Provinsi Jateng menambahkan, hari ini pihaknya menurunkan 8 alat berat untuk menyingkirkan material longsor. Alat berat selain dari Bina Marga juga bantuan dari berbagai pihak.

“Alhamdullilah malam ini semua sudah normal lagi, jalanan tidak licin karena sudah disemprot oleh petugas Pemadam Kebakaran,” katanya.

Jalur Magelang-Purworejo kembali dibuka, Sabtu (19/1) malam. Foto: metrojateng.com/dok Bina Marga Jateng

Ia pun mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak, baik BPBD, TNI, Polri, Damkar, Muspida, masyarakat, dan berbagai pihak.

Dandim 0705 Magelang Letkol Arm  Kukuh Dwi Antono menambahkan, pihaknya ikut menurunkan alat berat ukuran kecil dan 20 personel untuk ikut membantu membersihkan longsoran tanah yang menutup akses jalan Magelang-Purworejo.

Seperti diketahui, tanah Longsior yang terjadi di Dusun Gesing Desa Krasak Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, mengakibatkan akses jalan utama Magelang-Purworejo tertutup total, Jumat (18/1). Sebelumnya, kawasan itu diguyur hujan yang cukup lebat. Longsor mencapai 30 meter dengan ketinggian 10 meter dan tebal 2 meter.

Para pengguna jalan banyak yang terjebak macet. Namun demikian, arus lalin kemudian dialihkan melalui jalur alternatif. (MJ-24).

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.