Masuk Musim Hujan, DPU Target Perbaikan Drainase Selesai Desember

Perbaikan itu masih dalam proses pengerjaan. Dampaknya sudah mulai dirasakan dengan berkurangnya banjir.

SEMARANG- Memasuki musim hujan, sejumlah proyek perbaikan sistem drainase terutama di jalan-jalan protokol di Kota Semarang ditargetkan bisa selesai pada bulan Desember. Sehingga target wali kota Semarang bahwa tahun 2018 ini Kota Semarang bebas banjir dapat terwujud.

kampung bahari
Proyek Jalan Kampung Wisata Bahari Tambaklorok yang terkendala pembebasan lahan warga. (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminnudin mengatakan, beberapa titik yang saat ini sedang ada pekerjaan perbaikan drainase di antaranya adalah di Jalan Supriyadi, Jalan Gajah dan Kawasan Simpang Lima Semarang.

“Perbaikan itu masih dalam proses pengerjaan, namun dampaknya sudah mulai dirasakan dengan berkurangnya bahkan tidak adanya lagi banjir di wilayah yang dulunya sering terjadi banjir,” katanya, Selasa (06/11/2018).

Menurutnya, Jalan Supriyadi dan Jalan Gajah yang sebelumnya selalu terjadi genangan di beberapa titik sekarang sudah tidak muncul lagi. Begitu pula di Simpang Lima sudah beberapa kali terjadi hujan tidak ada genangan di kawasan pusat kota ini.

“Padahal biasanya walaupun hujan cuman sebentar sudah ada genangan, sekarang sudah tidak ada genangan lagi,” ujarnya.

Iswar menjelaskan program perbaikan sistem drainase di Kota Semarang dilakukan secara bertahap. Selain perbaikan saluran sekunder di beberapa titik jalan protokol, pihaknya juga melakukan revitalisasi dan menormalisasi sungai-sungai yang menjadi hulu dari saluran-saluran sekunder tersebut.

Di antaranya seperti menormalisasi Kali Tenggang dan Kali Sringin yang berada di wilayah Timur Kota Semarang. Termasuk juga menormalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) yang dilakukan oleh pemerintah kota dan pemerintah pusat.

“Diharapkan proyek normalisasi BKT, Kali Sringin dan Kali Tenggang serta normalisasi saluran sekunder di beberapa titik jalan protokoler Kota Semarang itu akan selesai bersamaan, sehingga pada tahun 2019 Kota Semarang bebas banjir,” tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.