Masih Banyak TPS di Solo Belum Ramah Difabel

KPU berharap seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Solo bisa ramah difabel. Petugas KPPS juga diwajibkan untuk menempatkan TPS di area yang mudah dijangkau dan datar. 

SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta menggelar sosialisasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Surakarta, Jumat (22/3/2019). Sosialisasi tersebut juga menampilkan simulasi pencoblosan mulai dari paparan contoh surat suara, kotak suara dan cara menggunakan alat bantu braille yang digunakan untuk difabel tunanetra.

Sosialisasi Pemilu di SLB Kota Surakarta, Jumat (22/3/2019). Foto: metrojateng.com

Komisioner KPU Kota Surakarta Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Bambang Christanto mengatakan sosialisasi kepada difabel dilakukan secara bertahap.

Dia menyampaikan bahwa di Kota Solo terdapat lebih dari 1.000 penyadang disabilitas yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT). Terdiri dari 285 pemilih tunadaksa, 134 pemilih tunanetra, 184 pemilih tunarungu, 216 pemilih tunagrahita, dan 224 disabilitas yang sedang sakit dan dirawat .

“Kami ingin memastikan bahwa adik-adik di sini yang berusia 17 tahun sudah terdaftar di DPT dan tanggal 17 April nanti mereka bisa ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya.

KPU berharap seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Solo bisa ramah difabel. Petugas KPPS juga diwajibkan untuk menempatkan TPS di area yang mudah dijangkau dan datar.

“TPS harus punya akses disabilitas, lokasi TPS tidak boleh berundak, berumput, dan tinggi. Masih banyak ditemukan TPS yang belum ramah disabilitas,” imbuh Bambang.

Sementara itu, salah satu penyandang disabilitas SLB Negeri Surakarta, Muhammad Dimas (17) merasa masih kesulitan untuk memasang alat bantu braille ke dalam surat suara. “Kesulitannya tadi pas masang alat bantu braille, susah. Kalau Pemilu nanti harus memilih,” tukasnya.

KPU Solo menggalakkan sosialisasi bagi pemilih pemula untuk mengejar target pemilih sebesar 77,5 persen. Di Kota Solo sendiri terdapat 1.732 TPS dengan jumlah data pemilih tetap hasil perbaikan kedua sebanyak 421.999 orang. (MJ-25)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.