Masih Ada Anak-anak Ikut Kampanye, Bawaslu Sukoharjo Tegur PKS

Keteledoran panitia pada saat itu membuat anak-anak yang berada di luar masuk ke dalam area kampanye,

SUKOHARJO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo mengeluarkan surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait pelanggaran kampanye yang telah dilakukan oleh PKS.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo, Eko Budiyanto. Foto: metrojateng.com

Diketahui, surat rekomendasi tersebut berupa teguran kepada PKS karena masih ada anak-anak saat kampanye di Hotel Hapsari, Minggu (11/11).

Komisioner Bawaslu Sukoharjo, Eko Budiyanto mengatakan, laporan tersebut disampaikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) 13 November 2018.

Pertemuan terbatas kader PKS Kabupaten Sukoharjo oleh DPD PKS Kabupaten Sukoharjo dianggap melanggar Pasal 28 ayat 2 K jo Pasal 493 UU No 7/2017 tentang pemilu. Dalam acaranya, terdapat anak-anak berada di area kampanye.

“Pada pertemuan tersebut terlihat anak-anak tetapi memang tidak ada unsur kesengajaan,” papar Eko, Senin (3/12/2018).

Dilanjutkan Eko, dalam Pasal 69 Ayat 2 huruf k Peraturan KPU No. 33/2018 tentang perubahan kedua PKPU tentang kampanye Pemilu juga dijelaskan pelaksana dan tim kampanye dalam kegiatan kampanye, dilarang melibatkan warga negara Indonesia yang tidak memiliki hak memilih. Sebelumnya pihak Panwascam sudah mengingatkan hal itu, dan awalnya anak-anak berada di lantai dua yang bukan area kampanye.

“Keteledoran panitia pada saat itu membuat anak-anak yang berada di luar masuk ke dalam area kampanye,” imbuh Eko.

Ditambahkan Eko, surat rekomendasi tersebut sebagai teguran tertulis supaya tidak ditemukan hal yang sama lagi. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.