Masa Orientasi Sekolah Harus Murah dan Menyenangkan

BANYUMAS – Penjabat Bupati Banyumas Budi Wibowo, membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Bau (MPLS-SB) Tahun Ajaran 2018/2019, Senin (16/7). Kegiatan yang dulu dikenal dengan MOS itu dihadiri perwakilan siswa tingkat SMP/MTs dan para kepala sekolah di Banyumas.

orientasi sekolah
Penjabat Bupati Banyumas Budi Wibowo, membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Bau (MPLS-SB) Tahun Ajaran 2018/2019, Senin (16/7). (foto: metrojateng/MJ-27)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Purwadi Santosa mengatakan tujuan kegiatan ini antara lain sebagai masa pengenalan potensi diri siswa, sarana adaptasi siswa, menumbuhkan motivasi, semangat, kemandirian, toleransi dan kedisiplinan siswa yang baru memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Purwadi, berharap dengan MPLS-SB akan terujud siswa yang berkarakter, berwawasan dan berjiwa besar untuk melahirkan Indonesia Emas

“Untuk materi MPLS-SB antara lain pembinaaan mental keagamaan, wawasan wisata mandala, kecerdasan berbangsa dan bernegara nasionalisme, pendidikan anti korupsi dan lainya,” katanya. Purwadi menambahkan, pelaksanaan MPLS-SB akan berlangsung tiga hari mulai Senin (16/7) hingga Rabu (18/7) di sekolah masing-masing.

Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo menyatakan, kegiatan MPLS-SB harus dilandasi prinsip mudah, murah, menyenangkan, massal, meriah dan mencerdaskan serta bersifat edukatif, kreatif, fleksibel, konstruktif, serta menghindari perpeloncoan dan tindakan kekerasan.

Sehingga, kegiatan yang dilaksanakan tidak boleh diwarnai kekerasan atau bersifat perploncoan, materi yang diberikan harus edukatif, kreatif dan menyenangkan. “Tidak boleh ada kekerasan serta saat pemberian tugas yang menyulitkan siswa baru,” katanya.(MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 4

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.