Manulife Tingkatkan Inklusi Reksa Dana Syariah

Dalam periode satu tahun, reksa dana syariah mengalami pertumbuhan 474 persen.

JAKARTA– PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) berupaya untuk meningkatkan inklusi reksa dana syariah. Setelah membentuk Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS), MAMI juga mengembangkan reksa dana syariah.

General Manager CitraSun Garden, Mushollin didampingi Marketing Manager CitraSun Garden, Berlian Febriana menunjukkan tipe rumah dengan konsep downslope di klaster Horizon Hill CitraSun Garden Semarang, Kamis (23/8/2018). Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita 

Ketua UPIS MAMI, Justitia Tripurwasani mengatakan, upaya ini sejalan dengan kebijakan OJK untuk mengembangkan pasar modal syariah.

“Setelah kami membentuk UPIS, kami membuat modul edukasi finansial syariah dan menjalin kerja sama dengan MES serta NU Online untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan reksa dana syariah,” ungkapnya pada acara diskusi Kontribusi Pasar Modal Syariah dalam Memajukan Keuangan Syariah Indonesia di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Selain itu, sebelumnya MAMI juga mengadakan lebih dari 2.800 aktivitas edukasi finansial seperti, membuat komik Si Juki vs Dompet Kosong. Kemudian bersama MES, mengadakan kegiatan edukasi dan inklusi reksa dana syariah di Bekasi, Solo dan Gorontalo.

“Kami juga telah memiliki klikMAMI.com, portal transaksi reksa dana untuk memudahkan masyarakat berinvestasi di reksa dana dari mana pun dan kapan pun,” tuturnya.

Presiden Direktur MAMI, Legowo Kusumonegoro mengatakan, pihaknya terus mendengarkan kebutuhan investasi masyarakat.

“Melalui itu kemudian kami lengkapi ragam produk reksa dana syariah dan sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Dari upaya itu hasilnya menggembirakan,” kata dia.

Legowo melanjutkan, dalam periode satu tahun, reksa dana syariah mengalami pertumbuhan 474 persen. Dari semula Rp 1,3 triliun di akhir Juni 2017 menjadi Rp 7,7 triliun di akhir Juni 2018,” katanya.

Adapun, lanjut dia, reksa dana syariah MAMI memberikan kontribusi sebesar 27 persenbagi AUM reksa dana MAMI yang sejumlah Rp 28,9 triliun pada akhir Juni 2018.

Dalam peluncuran reksa dana Manulife Dana Kas Syariah (MDKS) itu, Legowo menunjukkan enam keunggulan produknya. Di antaranya terjangkau karena minimum investasinya hanya Rp 10 ribu, dikelola sesuai dengan prinsip syariah, bebas biaya pembelian dan pencairan investasi, fluktuasi yang rendah dan potensi imbal hasilnya mirip deposito syariah.

Reksa dana MDKS cocok bagi 3 tipe investor yakni, bagi investor pemula yang baru belajar mengenal investasi reksa dana. Lalu, bagi investor yang memiliki tujuan investasi dalam jangka pendek. Serta bagi investor yang berpengalaman, sebab reksa dana MDKS dapat dijadikan sebagai pelengkap investasi saham syariah.

Dengan diluncurkannya reksa dana MDKS, MAMI mengelola empat reksa dana syariah, yang terdiri dari 2 reksa dana saham syariah, 1 reksa dana syariah sukuk, dan 1 reksa dana pasar uang syariah. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.